Tren Turun Harga Minyak Mentah Dekati Level Terendah

Penurunan harga minyak mentah Mei 2024 seiring ketidakpastian perekonomian Amerika Serikat.

Jessica Gabriela Soehandoko & Lukman Nur Hakim

5 Jun 2024 - 20.09
A-
A+
Tren Turun Harga Minyak Mentah Dekati Level Terendah

Ilustrasi harga minyak mentah. Dok Bloomberg

Bisnis, JAKARTA— Komoditas minyak menahan kerugiannya lantaran harga mendekati level terendah dalam empat bulan. Kondisi itu disebabkan stok minyak mentah Amerika Serikat (AS) yang meningkat dan rencana OPEC+ untuk meningkatkan pasokan. 

Berdasarkan data Bloomberg, harga minyak mentah Brent untuk pengiriman Agustus 2024 diperdagangkan menguat 0,19% atau 0,15 poin ke level US$77,67 per barel pada perdagangan Rabu (5/6) pukul 14.52 WIB.Kemudian, kontrak minyak mentah West Texas Intermediate (WTI) untuk pengiriman Juli 2024 juga menguat 0,16% atau 0,12 poin ke level US$73,37 per barel pada pukul 14.51 WIB. 

American Petroleum Institute (API) melaporkan persediaan AS yang meningkat sebesar 4,1 juta barel pada minggu lalu. Hal ini diungkapkan oleh orang-orang yang mengetahui data tersebut. 

Kemudian, API juga melaporkan bahwa stok minyak mentah meningkat di pusat penyimpanan di Cushing, Oklahoma, yakni lokasi harga minyak acuan AS. Terdapat juga peningkatan besar dalam persediaan bensin dan sulingan secara nasional.  Pada minggu ini, harga minyak juga telah anjlok sebesar 5% menyusul keputusan OPEC+ pada Minggu (2/6) untuk mulai mengurangi pemotongan pasokan pada kuartal IV/2024.  

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Asteria Desi Kartikasari
Anda belum memiliki akses untuk melihat konten

Untuk melanjutkannya, silahkan login terlebih dahulu

BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.