Trik Kementerian ESDM Cegah Korupsi Timah

Pemerintah ingin mencegah kasus korupsi di sektor timah dengan menerapkan sistem digitalisasi.

Lukman Nur Hakim

6 Apr 2024 - 14.01
A-
A+
Trik Kementerian ESDM Cegah Korupsi Timah

Barang bukti dugaan korupsi di PT Timah Tbk (TINS)

Bisnis, JAKARTA – Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arifin Tasrif langsung merespons kasus korupsi timah agar tidak berulang kembali. Dia bakal memasukan mineral lain dalam Sistem Informasi Mineral dan Batubara Kementerian/Lembaga atau Simbara.

Saat ini, Simbara baru memasukkan batu bara ke dalam sistem tersebut. Maka dari itu, Arifin menyampaikan bahwa pihaknya bakal memasukan nikel dan mineral lainnya ke Simbara.

“Ya itu (Simbara) memang kita haruskan baru batu bara. Karena baru mau masuk nikel, dan segera kita masukin lagi yang lain-lain, mineral yang lain,” kata Arifin saat ditemui di Kementerian ESDM, Jumat (5/4/2024).

Baca juga: Elnusa Dukung Kelancaran Pasokan Energi Nasional

Dengan masuknya beberapa mineral lainnya ke Simbara, Arifin menyampaikan nantinya mineral tersebut akan ketahuan dari mana asal dan perginya.

Selain itu, mineral yang masuk ke Simbara akan tercatat dengan baik karena ada sistem yang mengaturnya.

Namun, saat ini pihak ESDM masih terus membenahi data data mineral yang ada untuk masuk ke Simbara agar data yang dikelola adalah data valid.

 Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Arifin Tasrif di Kementerian ESDM, Jumat (4/8/2023). BISNIS/Lukman Nur Hakim

 

“Sejak dari daerah ke pusat ini kan tuh yang banyak yang harus dibenahin. Iya, data-datanya. Itu harus kita sempurnakan,” ujarnya.

Korupsi pada sektor timah menjadi buah bibir setelah terkuaknya dugaan korupsi timah di wilayah IUP PT Timah Tbk (TINS) yang menyebabkan kerugian negara pada sektor ekologis senilai Rp271 triliun.

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan menjelaskan bahwa pemerintah sedang mendorong sistem digitalisasi sektor pertambangan mineral dan batu bara (minerba) agar terintegrasi dengan baik.

Baca juga: Menteri ESDM Bakal Masukan Mineral Lain ke Simbara, Cegah Korupsi Timah

Digitalisasi ini nantinya akan membuat komoditas timah yang masuk pada sistem digitalisasi tersebut bisa terlacak segala proses dari pertambangan dari awal hingga akhir.

“Kasus Timah ini memang pembelajaran buat kita semua. Jujur kita mungkin agak terlambat mendigitalisasi hampir semua dengan Simbara. Semua kementerian kita dorong untuk digitalisasi dan itu kita link-in pada Simbara ini,” kata Luhut dalam akun Instagram resminya @luhut.pandjaitan dikutip, Jumat (5/4/2024).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Jaffry Prabu Prakoso

Anda harus login untuk mengomentari artikel ini

Total 0 Komentar

Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.