Tuah Bank Indonesia Berjibaku Jaga Rupiah

Bank Indonesia (BI) bersama otoritas fiskal berjibaku menjaga rupiah kembali ke level di bawah Rp16.000 per dolar AS setelah sempat anjlok ke Rp16.200. Nilai tukar pun perlahan kembali meninggalkan nilai rekor tertingginya.

Tim Redaksi

6 Mei 2024 - 17.20
A-
A+
Tuah Bank Indonesia Berjibaku Jaga Rupiah

Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo./Bisnis

Bisnis, JAKARTA - Nilai tukar rupiah mulai stabil seiring sejumlah kebijakan progresif otoritas moneter dan fiskal. Beberapa kebijakan utama yakni kebijakan Bank Indonesia menaikkan suku bunga acuan, intervensi pasar, hingga penerbitan Sekuritas Rupiah Bank Indonesia (SRBI).

Pada perdagangan Senin (6/5/2024), nilai tukar rupiah ditutup menguat 57 poin ke level Rp16.025 per dolar AS dari penutupan sebelumnya pada level Rp16.083. Adapun, rupiah sempat menyentuh penguatan 65 poin pada periode intraday hari ini.

Sedangkan untuk perdagangan besok, mata uang rupiah fluktuatif namun ditutup menguat  direntang  Rp15.960 - Rp16.060.

Direktur Laba Forexindo Berjangka Ibrahim Assuaibi menerangkan terdapat sejumlah faktor internal dan eksternal dalam penguatan rupiah tersebut. Dari dalam negeri, faktor rilis Badan Pusat Statistik (BPS) mengenai pertumbuhan ekonomi domestik menjadi katalis positif utama.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Rinaldi Azka
Jelajahi peluang bisnis terpercaya dengan berlangganan
Temukan keleluasaan dan keuntungan maksimal dengan pilihan paket berlangganan eksklusif ini
BERLANGGANAN SEKARANG
Tidak Memerlukan Komitmen, Batalkan Kapan Saja
Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.