Tuan di Rumah Sendiri

Penghiliran sektor tambang kiranya dapat menjadi momentum bagi kebangkitan Indonesia di sektor manufaktur. Pada gilirannya, ketika penghiliran sudah merambah ke berbagai sektor, skala ekonomi dari produk hasil penghiliran akan tercapai.

Redaksi

13 Feb 2023 - 07.30
A-
A+
Tuan di Rumah Sendiri

Aktivitas pengolahan dan pemurnian timah di PT Timah Tbk. (TINS). Upaya mendorong pembangunan smelter untuk komoditas timah ini masih dihadapkan pada persoalan minimnya penyerapan timah logam untuk kebutuhan di dalam negeri. Istimewa/MIND ID

Beberapa tahun terakhir, penghiliran tambang menjadi kata-kata sakti yang punya gaung amat kuat bagi pengembangan industri nasional.

Pelarangan ekspor nikel pada Januari 2020 menjadi cikal bakal kebijakan penghiliran, terutama di sektor tambang dan mineral. Hasilnya, penghiliran nikel melambungkan pendapatan negara dari Rp17 triliun pada 2014, menjadi Rp326 triliun pada 2021.

Baca juga: Ambisi Besar Indonesia Jadi Pemain Industri Penghiliran Global

Meski dikecam banyak negara, Presiden Joko Widodo jalan terus. Bahkan, pada 2022, Jokowi tiba-tiba saja melarang ekspor batu bara. Kebijakan penghiliran kini tak hanya sebatas wacana atau eksperimen semata, tetapi sudah lebih jauh lagi dengan direalisasikan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Ibeth Nurbaiti
Anda belum memiliki akses untuk melihat konten

Untuk melanjutkannya, silahkan Login Di Sini

Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.