Tugas Berat Bank Sentral Kawal Inflasi yang Berkepanjangan

Kenaikan suku bunga oleh bank sentral di negara-negara untuk meredam inflasi yang berkepanjangan seperti saat ini berarti bahwa kondisi sudah makin serius. Bank sentral makin kesulitan karena tidak punya alternatif selain terus mengerek suku bunga.

Nindya Aldila

26 Jun 2023 - 19.10
A-
A+
Tugas Berat Bank Sentral Kawal Inflasi yang Berkepanjangan

Ilustrasi ritel di Amerika Serikat (Canva)

Bisnis, JAKARTA - Kenaikan suku bunga oleh bank sentral di negara-negara untuk meredam inflasi yang berkepanjangan seperti saat ini berarti bahwa kondisi sudah makin serius. Bank sentral makin kesulitan karena tidak punya alternatif selain terus mengerek suku bunga.

Saat ini sejumlah negara, termasuk Amerika Serikat dan Eropa telah melihat pelemahan inflasi. Hal itu menjadi salah satu dampak dari pengetatan kebijakan moneter yang serempak dilakukan di berbagai belahan dunia.

Namun, ternyata jeratan inflasi belum berakhir. "Meskipun pengetatan kebijakan yang paling intensif telah dilakukan, upaya untuk menjaga stabilitas harga akan menjadi bagian yang tersulit," ungkap Kepala Ekonom Bank for International Settlements Claudio Borio kepada surat kabar German FAZ pada Senin (26/6/2023), dikutip Bloomberg.

Pada saat yang sama, lembaga yang dimiliki oleh bank-bank sentral dunia ini menyerukan bahwa siklus kenaikan suku bunga global memasuki masa paling menantang. "Suku bunga mungkin perlu terus naik lebih lama daripada yang diperkirakan publik dan investor," ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Nindya Aldila
Jelajahi peluang bisnis terpercaya dengan berlangganan
Temukan keleluasaan dan keuntungan maksimal dengan pilihan paket berlangganan eksklusif ini
BERLANGGANAN SEKARANG
Tidak Memerlukan Komitmen, Batalkan Kapan Saja
Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.