Turun Rating & Terjalnya Jalan Indonesia Re Menuju Ekspansi

Indonesia Re mendapat sorotan dari Fitch Ratings. Lembaga pemeringkat asing itu melakukan downgrade Insurer Financial Strength (IFS). Bos Indonesia Re Benny Waworuntu angkat bicara bisnis reasuransi jiwa yang disorot mulai menunjukkan hasil yang baik setelah terpuruk akibat pandemi.

Asteria Desi Kartikasari

22 Des 2022 - 16.36
A-
A+
Turun Rating & Terjalnya Jalan Indonesia Re Menuju Ekspansi

Logo Indonesia RE

Bisnis, JAKARTA— Bak sudah jatuh tertimpa tangga. Belum juga terkabul keinganan Indonesia Re mendapatkan suntikan Penyertaan Modal Negara (PMN) pada tahun buku 2023, Fitch Ratings menurunkan rating pada medio awal bulan ini.  Alhasil rencana ekspansi untuk memperbesar portofolio bisnis dari luar negeri tinggal harapan.

Peringkat atau rating perusahaan reasuransi pelat merah, PT Reasuransi Indonesia Utama (Persero) atau Indonesia Re memburuk. Sebagai informasi, Fitch menurunkan rating menjadi B (Lemah) dari sebelumnya BB+ (Cukup Lemah). Pada saat bersamaan, Fitch menurunkan peringkat Insurer Financial Strength (IFS) nasional Indonesia Re ke BBB(idn) dari AA-(idn).

Dalam penjelasannya, Fitch menyoroti lini bisnis asuransi kredit di Indonesia Re. Meski permintaannya tumbuh, namun rasio klaim asuransi kredit terbilang tinggi. Sorotan lainnya yakni terkait underwriting, bisnis asuransi jiwa, komitmen pemerintah untuk injeksi modal, pencatatan, hingga tingkat solvabilitas atau risk based capital/RBC.

Laporan tersebut menyebutkan  bahwa hasil underwriting Indonesia Re yang mengalami kerugian dalam tiga dari lima tahun terakhir dengan rasio gabungan rata-rata 105 persen selama periode 2019 – 2021. Rasio tersebut mencapai 111 persen pada 2021, termasuk hingga September 2022 yang mencapai 103 persen. Fitch menilai bahwa kondisi ini dipicu oleh tingginya klaim dari bisnis asuransi kredit yang memiliki rasio kerugian lebih tinggi sebesar 146 persen pada 2021.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Asteria Desi Kartikasari
company-logo

Lanjutkan Membaca

Turun Rating & Terjalnya Jalan Indonesia Re Menuju Ekspansi

Dengan paket langganan dibawah ini :

Tidak memerlukan komitmen. Batalkan kapan saja.

Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.

Copyright © Bisnis Indonesia Butuh Bantuan ?FAQ
Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.