Turun Tangan Auditor Menyoal Belanja Bantuan Sosial

Guyuran bantuan sosial yang teramat masif pada pengujung tahun lalu dan awal warsa ini mendorong auditor eksternal pemerintah itu untuk tanggap darurat. Pemeriksaan pun bakal difokuskan pada belanja populis itu.

Tegar Arief Fadly

12 Feb 2024 - 11.14
A-
A+
Turun Tangan Auditor Menyoal Belanja Bantuan Sosial

Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) memberikan bantuan pangan Cadangan Beras Pemerintah (CBP) kepada warga di Kabupaten Biak Numfor, Provinsi Papua, Rabu (22/11/2023). ANTARA/HO-Sekretariat Presiden.

Bisnis, JAKARTA - Badan Pemeriksa Keuangan menekan tanda bahaya. Guyuran bantuan sosial yang teramat masif pada pengujung tahun lalu dan awal warsa ini mendorong auditor eksternal pemerintah itu untuk tanggap darurat. Pemeriksaan pun bakal difokuskan pada belanja populis itu.

Lembaga tersebut bahkan tengah menyiapkan langkah melakukan pemeriksaan dengan pendekatan audit berbasis risiko alias risk based audit (RBA).

Artinya, Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) mengendus adanya risiko yang perlu diantisipasi oleh pemangku kebijakan dalam menggulirkan aneka bantuan sosial (bansos).

Tak hanya Laporan Keuangan Pemerintah Pusat (LKPP) pemeriksaan tersebut juga akan menyasar Laporan Keuangan Kementerian dan Lembaga (K/L) serta Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (pemda).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Rinaldi Azka
Jelajahi peluang bisnis terpercaya dengan berlangganan
Temukan keleluasaan dan keuntungan maksimal dengan pilihan paket berlangganan eksklusif ini
BERLANGGANAN SEKARANG
Tidak Memerlukan Komitmen, Batalkan Kapan Saja
Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.