Twitter Blue Meluncur Hari Ini, Komersialisasi Centang Biru

Twitter mengatakan bahwa akan membiarkan pengguna membeli langganan Twitter Blue untuk mendapatkan tanda centang biru.

Jaffry Prabu Prakoso

12 Des 2022 - 11.31
A-
A+
Twitter Blue Meluncur Hari Ini, Komersialisasi Centang Biru

Logo Twitter. /Bloomberg-Alex Flynn

JAKARTA – Layanan premium Twitter Blue diluncurkan kembali hari ini, Senin (12/12/2022), sebulan setelah upaya yang dilakukan sebelumnya gagal. Layanan ini mengharuskan pengguna Apple untuk membayar lebih tinggi jika ingin berlangganan.

Dalam cuitannya, Twitter mengatakan akan membiarkan pengguna membeli langganan Twitter Blue untuk mendapatkan tanda centang biru dan mengakses fitur-fitur khusus mulai Senin. 

Dilansir dari Mint, sebelumnya, verifikasi centang biru diberikan kepada tokoh terkenal di berbagai bidang seperti hiburan, politik, hingga jurnalisme untuk menghindari peniruan identitas.


Elon Musk di Kantor Twitter-@elonmusk


Namun, setelah Elon Musk membeli Twitter seharga US$44 miliar pada Oktober, dia meluncurkan layanan yang memberikan cek biru kepada siapa saja yang bersedia membayar US$8 sebulan. 

Adapun awalnya, Twitter Blue diluncurkan pada awal November sebelum menghentikannya karena akun palsu menjamur. Itu kemudian dijadwalkan untuk diluncurkan lagi pada 29 November, tetapi diundur. 

Sementara itu, layanan berlangganan Twitter Blue akan diluncurkan kembali dengan harga lebih tinggi untuk pengguna Apple. Layanan yang diluncurkan kembali akan dikenakan biaya US$8 per bulan untuk pengguna web dan US$11 per bulan untuk pengguna iPhone. 

Baca juga: Tidak Penting! Elon Musk Bakal Hilangkan Device Status

“Kami meluncurkan kembali Twitter Blue pada hari Senin. Berlangganan di web seharga US$8/bulan atau di iOS seharga US$11/bulan untuk mendapatkan akses ke fitur khusus pelanggan, termasuk tanda centang biru. Saat Anda berlangganan, Anda akan mendapatkan Edit Tweet, unggahan video 1080p, mode pembaca, dan tanda centang biru [setelah akun Anda ditinjau]," cuit Twitter.

Apple Bakal Beriklan Lagi di Twitter

Sementara itu, Musk mengungkapkan bahwa Apple Inc. kembali bisa beriklan di Twitter Inc. Dilansir dari Bloomberg, Musk membuat komentar selama percakapan Twitter Spaces bahwa Apple merupakan pengiklan terbesar di jaringan media sosial miliknya.

Meski demikian, CEO Tesla itu tidak merinci lebih jauh tentang Apple. Dia berbicara selama dua jam dari pesawat pribadinya selama obrolan yang memiliki lebih dari 90.000 pendengar. 

Baca juga: Lego Saham Tesla, Kekayaan Elon Musk Tergerus Rp60 Triliun

Seperti diketahui, Elon Musk sempat mengecam Apple seminggu sebelumnya karena menuduh pembuat iPhone dan Mac tersebut menghentikan sebagian besar iklan di Twitter dan mengancam akan menahan sosial media berlogo burung biru itu dari AppStore-nya.

Dalam membidik Apple, Musk mempertaruhkan perang dengan perusahaan paling berharga di dunia dan pengiklan teratas pada saat perusahaan lain menarik pemasaran mereka dari Twitter.

Menyusul rentetan serangannya terhadap Apple, Musk bertemu dengan Chief Executive Officer Apple Tim Cook dan mengatakan keduanya melakukan percakapan yang baik dan menyelesaikan kesalahpahaman tentang Twitter yang berpotensi dihapus dari App Store.

Kantor pusat Twitter di San Francisco, California, AS./Bloomberg-David Paul Morris

Sejak Musk mengakusisi Twitter, sejumlah perusahaan telah menangguhkan iklan di Twitter, termasuk General Mills Inc. dan Pfizer Inc. hal tersebut menyusul ketidakpastian platform itu akan merevisi kebijakannya untuk memerangi ujaran kebencian dan informasi yang salah.

Musk kemudian mengunggah tweet yang berterima kasih kepada pengiklan karena telah kembali ke Twitter.

"Sekadar catatan untuk berterima kasih kepada pengiklan karena telah kembali ke Twitter," cuitnya di akun Twitter pribadinya, Minggu (4/12/2022). (Rika Anggraeni dan Asahi Asry Larasati)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Jaffry Prabu Prakoso

Anda harus login untuk mengomentari artikel ini

Total 0 Komentar

Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.