UAE Dukung Pendidikan Indonesia Lewat MBZ University

Pembangunan kampus Mohamed Bin Zayed College for Future Studies (MBZ CFS) di Yogyakarta yang didukung pemerintah Uni Emirat Arab (UEA) menjadi simbol kekuatan hubungan dua negara yang tak hanya terjalin di bidang infrastruktur, tetapi juga pendidikan.

Nindya Aldila

31 Jan 2024 - 15.06
A-
A+
UAE Dukung Pendidikan Indonesia Lewat MBZ University

Acara peletakan batu pertama pembangunan kampus Mohamed Bin Zayed College for Future Studies (MBZ CFS) di Yogyakarta pada Rabu (31/1/2024).

Bisnis, JAKARTA - Pembangunan kampus Mohamed Bin Zayed College for Future Studies (MBZ CFS) di Yogyakarta yang didukung pemerintah Uni Emirat Arab (UEA) menjadi simbol kekuatan hubungan dua negara yang tak hanya terjalin di bidang infrastruktur, tetapi juga pendidikan.  

Hal itu dimulai dengan peletakan batu pertama yang dilakukan oleh Presiden Joko Widodo, bersama dengan Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama Yahya Cholil Staquf, dan Menteri Energi dan Infrastruktur Uni Emirat Arab, Suhail Al Mazrouei. Kesempatan ini juga dihadiri oleh Duta Besar Indonesia untuk UEA Husin Bagis.

Dalam kesempatan tersebut, Duta Besar Husin Bagis menekankan bahwa pendirian Kampus MBZ CFS ini merupakan wujud nyata dari kerjasama yang semakin erat antara Indonesia dan Uni Emirat Arab. Inisiatif ini juga menjadi bukti hubungan kuat antara Presiden Joko Widodo dan Presiden Sheikh Mohamed Bin Zayed.

Kampus MBZ CFS ini ditargetkan selesai selama masa jabatan Presiden Joko Widodo yang berakhir tahun ini. 

Duta Besar Husin Bagis menyampaikan harapannya agar pembangunan gedung kampus 9 lantai ini dapat hadir sebagai Pusat Keunggulan (Center of Excellence) dalam studi ilmu pengetahuan futuristik, guna memberikan kontribusi besar bagi kesejahteraan umat manusia.

Proyek kolaboratif ini tidak hanya memperkuat ikatan kerja sama pendidikan antara Indonesia dan UAE, tetapi juga membuka jalan bagi studi masa depan untuk menjadi pilar pengetahuan dan pengembangan global.

Dukungan UAE kepada pembangunan Indonesia juga terlihat dari catatan investasi dalam 5 tahun hingga 2023 yang mencapai US$231 juta. 

Kedekatan kedua pemimpin negara juga tercermin dari perubahan nama Jalan Tol Jakarta-Cikampek II (Elevated) menjadi Tol Mohamed Bin Zayed (MBZ), jalan layang terpanjang di Indonesia. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Jaffry Prabu Prakoso

Anda harus login untuk mengomentari artikel ini

Total 0 Komentar

Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.