Uang Kuliah Makin Tinggi, Bank Besar Minati Produk Student Loan

Dorongan OJK terhadap perbankan untuk menyediakan produk pinjaman pelajar atau student loan disikapi positif oleh sejumlah bank besar. Bank-bank ini pun mulai mempelajari peluang dan tantangan skema student loan ini di Indonesia.

Arlina Satiti Mugi Laras

21 Mei 2024 - 13.37
A-
A+
Uang Kuliah Makin Tinggi, Bank Besar Minati Produk Student Loan

Ilustrasi student loan. Sumber: Canva

Bisnis, JAKARTA — Bank-bank besar mulai mempertimbangkan penyediaan skema pembiayaan uang kuliah atau student loan dengan bunga murah, tetapi mewanti-wanti tentang potensi risikonya yang tinggi.

Otoritas Jasa Keuangan atau OJK mendorong bank untuk membuka student loan dengan bunga yang lebih murah. Hal ini disuarakan mengingat adanya kebutuhan di segmen pembiayaan ini.

Sebagaimana diketahui, peningkatan signifikan uang kuliah tunggal (UKT) di beberapa perguruan tinggi negeri atau PTN masih menjadi polemik di tengah meluasnya aksi protes yang muncul dari kalangan mahasiswa.

Menanggapi hal ini, sejumlah bank pun menyatakan akan mempelajari skema student loan, termasuk potensi dan risikonya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Emanuel Berkah Caesario
Jelajahi peluang bisnis terpercaya dengan berlangganan
Temukan keleluasaan dan keuntungan maksimal dengan pilihan paket berlangganan eksklusif ini
BERLANGGANAN SEKARANG
Tidak Memerlukan Komitmen, Batalkan Kapan Saja
Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.