Ubah Lanskap Asuransi, Broker Menyempit Kala Agen Bertambah

Perubahan lanskap industri asuransi mulai tampak dari pernana pialang atau broker asuransi. Peranan broker dinilai semakin sempit belakangan ini, atau perantara yang menjembatani kepentingan nasabah dan realitas bisnis perusahaan semakin sedikit.

Rika Anggraeni & Asteria Desi Kartikasari

15 Sep 2023 - 21.19
A-
A+
Ubah Lanskap Asuransi, Broker Menyempit Kala Agen Bertambah

Ilustrasi perusahaan pialang asuransi./ Freepik

Bisnis, JAKARTA— Perubahan lanskap industri asuransi mulai tampak dari pernana pialang atau broker asuransi. Peranan broker dinilai semakin sempit belakangan ini, atau perantara yang menjembatani kepentingan nasabah dan realitas bisnis perusahaan semakin sedikit.

Kondisi tersebut juga sebagai dampak dari perusahaan asuransi umum yang menggencarkan untuk merekrut agen, sehingga dapat berhubungan langsung dengan nasabah.

Meski begitu, Asosiasi Perusahaan Pialang Asuransi dan Reasuransi Indonesia (Apparindo) optimistis bisnis pialang asuransi masih akan melaju, seiring dengan industri perasuransian yang masih berkembang. Apparindo tak memungkiri bahwa ke depan jumlah perusahaan pialang akan menyusut seiring realitas bisnis. 

Ketua Umum Apparindo Yulius Bhayangkara mengatakan bahwa secara umum beberapa pialang asuransi dan reasuransi yang dicabut izinnya maupun yang mengembalikan izin ke OJK terdapat beberapa alasan. Pertama, Yulius berujar karena secara komersial sudah tidak menguntungkan. Menurutnya, hal ini disebabkan semakin tingginya biaya operasional dan menurunnya pendapatan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Asteria Desi Kartikasari
Jelajahi peluang bisnis terpercaya dengan berlangganan
Temukan keleluasaan dan keuntungan maksimal dengan pilihan paket berlangganan eksklusif ini
BERLANGGANAN SEKARANG
Tidak Memerlukan Komitmen, Batalkan Kapan Saja
Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.