Uji Kecepatan 5G Perdana Milik Telkomsel, Bagaimana Performanya?

Untuk mengetahui kecepatan jaringan 5G Telkomsel, Bisnis mencoba mengukur kecepatan jaringan generasi kelima tersebut dengan menggunakan gawai Oppo Reno5 5G.

27 Mei 2021 - 14.24
A-
A+
Uji Kecepatan 5G Perdana Milik Telkomsel, Bagaimana Performanya?

Uji kecepatan 5G Telkomsel./Bisnis-Leo Dwi Jatmiko

Bisnis.com, JAKARTA – PT Telekomunikasi Selular (Telkomsel) untuk kali pertama membuka jaringan 5G di Telkomsel Smart Office, Jakarta, Kamis (27/5/2021).

Anak usaha milik Telkom tersebut menampilkan sejumlah contoh kasus implementasi 5G hingga tes kecepatan, menggunakan pita frekuensi 2,3 GHz. 

Untuk mengetahui kecepatan jaringan 5G Telkomsel, Bisnis mencoba mengukur kecepatan jaringan generasi kelima tersebut dengan menggunakan gawai Oppo Reno5 5G.

Aplikasi yang digunakan untuk mengukur kecepatan ini ada dua yaitu, Speedtest by Ookla dan Opensignal. Pengukuran dilakukan pukul 14.00 WIB.

Hasilnya, di aplikasi Speedtest, untuk kecepaan unduh 5G Telkomsel mencapai 122 Mbps. Sementara itu, untuk kecepatan unggah mencapai 46Mbps. Ping 19milidetik dan Jitter 6milidetik.

Sementara itu jika menggunakan aplikasi Opensignal, kecepatan unduh 24,9Mbps dan unggah sebesar 30,2Mbps, dengan latensi -1 milidetik. 

Kemudian, jika digunakan untuk mengunduh aplikasi gim COD Mobile dan Asphalt 9 – yang mana kedua aplikasi memiliki file di atas 2GB – waktu yang dibutuhkan masing-masing yaitu 4 menit 29 detik dan 3 menit 2 detik.  

Telkomsel sendiri menggelar 5G tahap awal ini dengan menggunakan pita frekuensi 2,3GHz. Spektrum frekuensi yang dipakai pada tahap awal ini yaitu sebesar 30MHz atau sepertiga dari spektrum frekuensi yang digunakan seharusnya untuk 5G yaitu sebesar 100Mhz. 

Uji kecepatan 5G Telkomsel./Bisnis-Leo Dwi Jatmiko

Direktur Utama Telkomsel Setyanto Hantoro mengatakan jaringan 5G akan meningkatkan gaya hidup digital masyarakat menjadi lebih baik lagi. Teknologi 5G juga akan mendorong hadirnya talenta-talenta digital yang inovatif dan berujung pada penciptaan lapangan kerja baru.

“Dengan 5G talenta digital memiliki lebih banyak kesempatan sehingga muncul digitalpreneur baru.  Harapannya masyarakat bisa menggunakan teknologi ini untuk meningkatkan kesejahteraan bersama,” kata Setyanto di Jakarta, Kamis (27/5/2021).

Setyanto menambahkan melalui 5G Telkomsel memiliki visi yang membentang luas.Teknologi generasi kelima dirancang untuk membantu masyarakt luas dan dapat dirasakan secara maksimal.

Sekedar informasi, setelah menerima Surat Keterangan Laik Operasi (SKLO) 5G dari Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) pada 24 Mei 2021, Telkomsel secara resmi meluncurkan layanan Telkomsel 5G dengan mengusung tema 5G: Unlock the Future.

Pada tahap pertama komersialisasi 5G, layanan Telkomsel akan tersedia di sejumlah kota, antara lain Telkomsel Smart Office di Jakarta, enam area residensial yaitu Kelapa Gading Jakarta, Pondok Indah, Pantai Indah Kapuk, Bumi Serpong Damai, Widya Chandra, dan Alam Sutera.

Kemudian terdapat juga di GraPARI Bandara Soekarno Hatta, GraPARI Pemuda Surabaya, GraPARI Pettarani Makassar, GraPARI Renon Bali, GraPARI Batam Center, GraPARI Telkom Group Medan, GraPARI Solo, Kantor Balai Kota Solo, GraPARI Balikpapan, Telkom University (Bandung) dan Institut Teknologi Bandung.

Tidak hanya itu, 5G Telkomsel juga sudah didukung ekosistem ponsel pintar antara lain Oppo Reno 5, Huawei Mate 40, Vivo X60, Vivo X60 Pro, Modem Orbit (Huawei 5G CPE Pro 2).

Seperti layanan internet cepat 3G dan 4G, layanan 5G untuk saat ini dapat dinikmati menggunakan paket kuota data yang internet biasa.

Telkomsel juga menghadirkan layanan Internet Rumah Orbit 5G melalui perangkat Orbit Ultra dengan harga promo Rp6,299 juta, yang sudah dilengkapi ekstra kuota data 200GB untuk 30 hari dan bonus akses layanan Disney+ Hotstar selama 12 bulan.

Ke depannya, Telkomsel akan menghadirkan paket data khusus layanan 5G, yang akan dikembangkan secara berkelanjutan, sesuai dengan kebutuhan gaya hidup dan aktivitas digital pelanggan. (Leo Dwi Jatmiko)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Anda harus login untuk mengomentari artikel ini

Total 0 Komentar

Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.