Ujian Agen 'Make Over' Wajah Asuransi dari Kasus Gagal Bayar

Awan mendung yang menyelimuti industri jasa keuangan non-bank (IKNB) masih belum hilang. Maraknya kasus gagal bayar asuransi jiwa menjadi ancaman bom waktu dan membuat masyarakat bersikap antipati. Peran agen asuransi digadang-gadang menjadi garda terdepan untuk ‘make over’ wajah bisnis asuransi.

Asteria Desi Kartikasari

26 Feb 2023 - 15.33
A-
A+
Ujian Agen 'Make Over' Wajah Asuransi dari Kasus Gagal Bayar

Karyawan beraktivitas di depan logo Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI) di Jakarta, Kamis (14/7/2022). Bisnis/Abdurachman

Bisnis, JAKARTA—Awan mendung yang menyelimuti industri jasa keuangan non-bank (IKNB) masih belum hilang. Maraknya kasus gagal bayar asuransi jiwa menjadi ancaman bom waktu dan membuat masyarakat bersikap antipati. Peran agen asuransi digadang-gadang menjadi garda terdepan untuk ‘make over’ wajah bisnis asuransi.

Kasus teranyar, belum lama ini perusahaan asuransi jiwa PT Asuransi Jiwa Astra atau Astra Life menemukan adanya dugaan fraud atau tindakan penipuan yang dilakukan oleh oknum agen. Astra Lige mengambil langkah hukum untuk mengusut tuntas terkait dugaan penipuan yang menimpa nama perusahaan. 

Presiden Direktur Astra Life Windawi Tjahjadi pun teha melaporkan kasus tersebut pada 18 Januari 2023 mellaui kuasa hukum Otto Hasibuan.

Pengamat asuransi Dedi Kristianto menilai bahwa agen asuransi seharusnya bukan hanya sekadar sebagai perpanjangan tangan perusahaan, melainkan juga bertindak untuk melakukan literasi keuangan secara tidak langsung. “Agen asuransi juga sekaligus field underwriter, karena mengetahui kondisi nasabah secara langsung [know your customer] dan fungsi ini sangat penting sekali,” kata Dedi kepada Bisnis, Jumat (24/2/2023).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Asteria Desi Kartikasari
company-logo

Lanjutkan Membaca

Ujian Agen 'Make Over' Wajah Asuransi dari Kasus Gagal Bayar

Dengan paket langganan dibawah ini :

Tidak memerlukan komitmen. Batalkan kapan saja.

Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.

Copyright © Bisnis Indonesia Butuh Bantuan ?FAQ
Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.