Ujian Komitmen Pengendali pada Rights Issue Bank Kecil

Tenggat waktu yang tersisa bagi bank-bank kecil untuk menambah modal inti hingga Rp3 triliun tinggal 2 bulan lagi. Sejumlah bank pun sudah mengumumkan rencana rights issue mereka, sekaligus komitmen investor pengendalinya untuk menyuntikkan modal.

Emanuel Berkah Caesario

2 Nov 2022 - 19.14
A-
A+
Ujian Komitmen Pengendali pada Rights Issue Bank Kecil

Ilustrasi bank. Sumber: Canva

Bisnis, JAKARTA — Sejumlah investor pemegang saham pengendali bank-bank kecil menyatakan keseriusannya untuk terlibat dalam penyuntikkan modal banknya pada akhir tahun ini, sehingga tidak perlu melego banknya kepada investor baru.

Tenggat waktu bagi upaya pemenuhan modal inti sedikitnya Rp3 triliun bagi bank-bank kecil tinggal tersisa 2 bulan lagi. Sejauh ini, masih ada 16 emiten bank yang belum memenuhi batasan modal inti minimum tersebut dan tengah berjuang untuk mencari suntikan modal.

Sebagaimana diketahui, Peraturan OJK No.12/POJK.03/2020 tentang Konsolidasi Bank Umum, mengharuskan bank umum untuk memiliki modal inti sebesar Rp3 triliun pada akhir 2022, sedangkan untuk bank pembangunan daerah (BPD) diwajibkan pada 2024.

Namun, menjelang akhir tahun ini, masih ada puluhan bank umum yang belum memenuhi modal inti tersebut. Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menyebutkan bahwa sampai Juli 2022, ada 26 bank yang belum memenuhi ketentuan tersebut. Dari 26 bank tersebut, 17 diantaranya merupakan emiten yang tercatat di bursa.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Emanuel Berkah Caesario
company-logo

Lanjutkan Membaca

Ujian Komitmen Pengendali pada Rights Issue Bank Kecil

Dengan paket langganan dibawah ini :

Tidak memerlukan komitmen. Batalkan kapan saja.

Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.

Copyright © Bisnis Indonesia Butuh Bantuan ?FAQ
Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.