Unjuk Gigi Gas Bumi, Potensi Surplus Kian Melebar

Secara nasional Indonesia memiliki sumber daya energi yang melimpah ruah, termasuk gas bumi dengan cadangan terbukti yang mencapai sekitar 41,62 triliun kaki kubik (Tcf). Selain itu, Indonesia juga masih memiliki 68 cekungan potensial yang belum tereksplorasi.

Stepanus I Nyoman A. Wahyudi

4 Okt 2023 - 09.17
A-
A+
Unjuk Gigi Gas Bumi, Potensi Surplus Kian Melebar

Ilustrasi kapal yang membawa gas alam cair (liquefied natural gas/LNG). Indonesia sebagai salah satu pengekspor LNG terbesar di dunia memiliki potensi yang cukup besar untuk memenuhi kebutuhan global akan komoditas tersebut./Dok. Canva

Bisnis, JAKARTA — Produksi gas bumi Indonesia diyakini bakal terus meningkat signifikan dalam beberapa tahun ke depan, seiring dengan kian banyaknya penemuan cadangan baru dan pengoperasian sejumlah proyek minyak dan gas bumi Tanah Air. 

Di sisi lain, laju pertumbuhan konsumsi gas di dalam negeri tidak secepat peningkatan produksi. Berdasarkan penghitungan Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), konsumsi gas pasar domestik per awal Juni 2023 baru mencapai 68 persen dengan total gas yang disalurkan sebesar 5.474 BBtud.

Adapun, secara nasional Indonesia memiliki sumber daya energi yang melimpah ruah, termasuk gas bumi dengan cadangan terbukti yang mencapai sekitar 41,62 triliun kaki kubik (Tcf). Selain itu, Indonesia juga masih memiliki 68 cekungan potensial yang belum tereksplorasi. 

Baca juga: Optimisme Medco (MEDC) Genjot Produksi Gas Lewat Proyek Bronang

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Ibeth Nurbaiti
Anda belum memiliki akses untuk melihat konten

Untuk melanjutkannya, silahkan login terlebih dahulu

BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.