Untung Rugi Indonesia Masuk BRICS

Kabar terbaru menyebutkan Indonesia menjadi salah satu negara yang resmi mendaftarkan diri bergabung dalam aliansi negara berkembang BRICS (Brazil, Rusia, India, China, dan Afrika Selatan). Sebenarnya bagaimana untung dan rugi jika Indonesia jadi anggota?

Rinaldi Azka

4 Agt 2023 - 16.42
A-
A+
Untung Rugi Indonesia Masuk BRICS

Bisnis, JAKARTA - Indonesia dikabarkan telah resmi mendaftarkan diri menjadi anggota aliansi negara berkembang BRICS (Brazil, Rusia, India, China, dan Afrika Selatan) bersama dengan 12 negara lainnya.

Hal ini pertama dilaporkan oleh The Spectator Index pada Kamis (4/8/2023). Menurut laporannya, Indonesia sudah secara resmi mendaftarkan diri sebagai anggota BRICS. Adapun, kedua belas negara lain yakni Algeria, Argentina, Bahrain, Bangladesh, Mesir, Ethiopia, Iran, Mexico, Nigeria, Saudi Arabia, Uni Emirat Arab, dan Venezuela. 

Dari mulanya 4 negara, kini 40 negara berbondong-bondong mendaftar untuk bergabung dengan BRICS. Berdasarkan catatan Bisnis pada Jumat (28/7/2023), Indonesia merupakan salah satu negara yang menjadi kandidat kuat untuk masuk dalam organisasi tersebut. 

Pencalonan Indonesia sendiri masuk dalam BRICS semakin menguat setelah Menteri Luar Negeri Retno LP Marsudi yang hadir dalam pertemuan secara virtual negara-negara BRICS yang dihelat pada 2 Juni 2023.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Rinaldi Azka
Jelajahi peluang bisnis terpercaya dengan berlangganan
Temukan keleluasaan dan keuntungan maksimal dengan pilihan paket berlangganan eksklusif ini
BERLANGGANAN SEKARANG
Tidak Memerlukan Komitmen, Batalkan Kapan Saja
Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.