Upaya Jasa Raharja Proteksi Masyarakat di Arus Mudik dan Balik Lebaran 2024

Menteri BUMN Erick Thohir menunjukkan Jasa Raharja sebagai koordinator pelaksanaan Mudik Bersama BUMN 2024.

Surya Dua Artha Simanjuntak

11 Apr 2024 - 19.28
A-
A+
Upaya Jasa Raharja Proteksi Masyarakat di Arus Mudik dan Balik Lebaran 2024

Bisnis, JAKARTA - PT Jasa Raharja, sebagai perusahaan plat merah yang urusi asuransi kecelakaan lalu lintas, memiliki peran penting setiap momen Lebaran. Pada momentum arus mudik dan balik Lebaran 2024 misalnya, yang mana akan diikuti oleh ratusan juta masyarakat.

Tak heran, Menteri BUMN Erick Thohir menunjukkan Jasa Raharja sebagai koordinator pelaksanaan Mudik Bersama BUMN 2024. Bersama Forum Tanggung Jawab Sosial Lingkungan (TJSL) BUMN, Jasa Raharja harus memastikan perjalanan yang lebih aman, nyaman, dan sehat bagi masyarakat selama arus mudik dan balik Lebaran 2024.

Berbagai upaya dilakukan oleh Jasa Raharja. Untuk kenyamanan misalnya, Jasa Raharja berikan pelayanan khusus bagi pemudik disabilitas dalam Mudik Bersama BUMN 2024: disiapkan bus khusus dengan fasilitas ramah disabilitas.

Dalam aspek kesehatan sekaligus untuk mendukung keberlanjutan lingkungan, juga disediakan moda transportasi bus berbasis listrik. Jasa Raharja sebagai perusahaan BUMN ingin mengurangi dampak lingkungan dari aktivitas transportasi, serta memperkenalkan teknologi ramah lingkungan kepada masyarakat luas.

Untuk keamanan, Jasa Raharja bersama Kementerian BUMN menggelar program Mudik Asyik Bersama BUMN. Salah satu tujuannya, untuk mengurangi jumlah pemudik dengan gunakan sepeda motor.

Pemudik yang gunakan sepeda motor memang menjadi perhatian khusus. Pada momen Lebaran tahun lalu, kecelakaan yang libatkan moda sepeda motor mencapai 71% dari total keseluruhannya.

Oleh sebab itu, diadakan mudik gratis dengan moda transportasi kapal laut hingga kereta api. Dengan begitu, diharapkan pemudik yang awalnya ingin memakai sepeda motor berubah pikiran: lebih memilih moda transportasi kapal laut atau kereta api yang disediakan gratis.

Baca juga:

Jasa Raharja Santuni Keluarga Korban Kecelakaan Tol Japek KM 58

Dimotori Jasa Raharja dan Forum TJSL BUMN, setidaknya 88 perusahaan BUMN dan anak perusahaan BUMN berpartisipasi dalam mendukung dan menyediakan mudik gratis. Total, tak kurang dari 94.753 masyarakat akan ikut mudik gratis tersebut.

Tak sampai situ, Direktur Utama Jasa Raharja Rivan A. Purwantono menyatakan pihaknya bersama Kors Lalu Lintas (Korlantas) Polri serta instansi terkait juga menyiapkan tak kurang dari 22 pos pelayanan terpadu di sepanjang jalur mudik dan balik.

“Petugas Jasa Raharja di daerah, saya minta untuk terlibat aktif dalam menjaga kesiapan Pos Pelayanan tersebut,” ujar Rivan ketika memimpin Apel Pengamanan Lebaran Idul Fitri 2024/1445 H di Kantor Pusat Jasa Raharja, Jakarta Selatan, Senin (01/04/2024), dikutip dari siaran pers Jasa Raharja.

Jasa Raharja, lanjutnya, juga berkoordinasi aktif dengan lima pilar keselamatan lalu lintas melalui Forum Komunikasi Lalu Lintas (FKLL). Mereka akan bersinergi dalam program pencegahan kecelakaan, meningkatkan kepatuhan dan ketertiban masyarakat, hingga pemetaan titik-titik wilayah yang menjadi lokasi rawan kecelakaan di sepanjang jalur mudik.

Namun, jika naas tidak bisa dihindari maka Jasa Raharja akan jalankan tugasnya untuk berikan santunan kepada korban kecelakaan lalu lintas. Contohnya dua kecelakaan yang hebohkan banyak orang belakangan ini: tabrakan di Km. 58 Tol Jakarta-Cikampek pada 8 April 2024 dan kecelakaan yang libatkan Bus Rosalia Indah di Km. 370 Tol Batang-Semarang pada 11 April 2024.

Rivan menyatakan Jasa Raharja akan santuni seluruh korban di dua musibah kecelakaan lalu lintas tersebut. Dia pun kembali mengingatkan agar selalu waspada sebelum berkendara.

Kepada penyelenggara angkutan umum, Rivan meminta pastikan kalayakan armada dan awak angkutannya agar terhindar dari kecelakaan seperti yang terjadi di Km. 370 Tol Batang-Semarang.

Begitu juga dengan masyarakat yang gunakan kendaraan pribadi pada arus mudik dan arus balik, diharapkan berkendara dengan keadaan fisik bugar agar terhindar dari kecelakaan seperti yang terjadi di Km. 58 Tol Jakarta-Cikampek.

"Kami mengimbau kepada masyarakat yang hendak melakukan perjalanan mudik agar memastikan kendaraan dan fisik dalam kondisi yang fit, sehingga dapat meminimalisir risiko kecelakaan,” kata Rivan dalam keterangan resmi, Senin (8/4/2024).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Fatkhul Maskur

Anda harus login untuk mengomentari artikel ini

Total 0 Komentar

Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.