Upaya Kemendag Dorong Konsumen Cerdas Bertransaksi

Konsumen berhak mendapatkan pembinaan dan pendidikan sesuai dengan pasal 4 Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen.

Redaksi

19 Apr 2024 - 17.30
A-
A+
Upaya Kemendag Dorong Konsumen Cerdas Bertransaksi

Ilustrasi konsumen melakukan transaksi menggunakan kartu kredit. Freepik.jpg

Bisnis, JAKARTA – Kementerian Perdagangan (Kemendag) berkomitmen untuk meningkatkan tingkat pemberdayaan konsumen Tanah Air. 
Salah satu caranya dengan menggelar Festival Hari Konsumen Nasional 2024 melalui Direktorat Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga (Ditjen PKTN) pada 18-21 April 2024 di Trans Studio Mall Cibubur, Depok, Jawa Barat.

Tahun ini, Festival Harkonas mengangkat tema Konsumen Kritis Cerdas Bertransaksi yang juga diikuti oleh sejumlah langkah strategis guna meningkatkan keberdayaan konsumen. Acara dihadiri oleh 14 UK binaan Ditjen Perdagangan Dalam Negeri (PDN).

Direktur Jenderal PKTN Kementerian Perdagangan (Kemendag) Moga Simatupang mengatakan konsumen berhak mendapatkan pembinaan dan pendidikan. Hal ini sesuai dengan pasal 4 Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen.

Menurutnya, terdapat lima indikator yang menandakan tingkat keberdayaan konsumen yang terdiri dari sadar,  paham,  mampu,  kritis,  dan  berdaya. Survei juga menunjukan konsumen di Indonesia berada pada tingkat mampu.

“Berdasarkan hasil survei 2023, konsumen Indonesia masih berada pada tingkat mampu dengan indeks nilai 57,04. Kementerian Perdagangan optimis tingkat keberdayaan konsumen dapat naik menjadi kritis dan berdaya ke depannya,” ujarnya dikutip dari pernyataan resmi, Kamis (18/4/2024).

Baca Juga: Sebelas Sektor Prioritas dalam Perpres Strategi Nasional Perlindungan Konsumen



Kemendag berencana melakukan penguatan regulasi guna meningkatkan peran pemerintah menjadi lebih optimal. Selain itu, diharapkan terciptanya keseimbangan antara kepentingan konsumen dan pelaku usaha. 

Hal itu dilakukan dengan dimulai dari antar kementerian/lembaga, pemerintah daerah, asosiasi dan pelaku usaha, perguruan tinggi, hingga masyarakat. Lalu meningkatkan edukasi kepada masyarakat untuk meningkatkan literasi dalam berbelanja secara online.

Direktur Standarisasi dan Pengendalian Mutu Hendro Purnomo menyampaikan dala pembukaan Harkonas bahwa di antara 14 UKM binaan ini turut hadir pengembang atau developer gim. Tentunya UKM ini berasal dari Indonesia.

“14 UKM yang memeriahkan Harkonas 2024 bergerak pada bidang makanan, minuman, hingga gim. Gim ini diciptakan para pengembang gim di Indonesia,” kata Hendro. (Muhammad Nishfi Azriel)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Yanita Petriella

Anda harus login untuk mengomentari artikel ini

Total 0 Komentar

Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.