Upaya Tambah Modal BANK Demi Batas Minimal

BANK bersiap menggalang dana lewat rights issue demi menambah modal sebelum tahun berakhir. Simak penjelasannya.

Herdanang Ahmad Fauzan

16 Nov 2021 - 14.24
A-
A+
Upaya Tambah Modal BANK Demi Batas Minimal

BANK bersiap menggalang dana lewat rights issue demi menambah modal sebelum tahun berakhir. (Istimewa)

Pertaruhan besar akan dialami oleh PT Bank Aladin Syariah Tbk. (BANK) dan sejumlah emiten bank karena berpacu menambah modal guna memenuhi ketentuan modal minimal yang ditetapkan OJK.

Tahun 2021 akan berakhir kurang dari dua bulan lagi. Namun, PT Bank Aladin Syariah Tbk. (BANK), entitas yang sempat digadang-gadang bakal menjadi kuda hitam baru di segmen perbankan digital, urung juga menggulirkan rights issue yang telah diwacanakan perseroan sejak awal tahun.

Emiten berkode BANK tersebut sebenarnya telah mendapat izin rapat umum pemegang saham luar biasa (RUPSLB) untuk menggelar rights issue sejak 28 Mei 2021. Akan tetapi, berdasarkan dokumen prospektus, mereka diperkirakan baru akan mendapat pernyataan efektif pendaftaran hak memesan efek terlebih dahulu (HMETD) pada 25 November 2021.

Menariknya, sebelum kalender berakhir, BANK mesti memenuhi ketentuan baru OJK yang mempersyaratkan modal inti minimal Rp2 triliun untuk lembaga perbankan. Di sisi lain, mengacu laporan keuangan terakhir, modal inti bank yang baru IPO pada Februari ini masih mentok di kisaran Rp1,14 triliun.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Duwi Setiya Ariyant*
Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.