Free with Login

Urgensi Neraca Sumber Daya Laut Indonesia

Neraca Sumber Daya Laut Indonesia berupa dashboard yang berisikan kumpulan data sumber daya kelautan dan pesisir Indonesia yang berasal dari hasil riset dan survei.

Fatkhul Maskur

6 Jul 2024 - 10.14
A-
A+
Urgensi Neraca Sumber Daya Laut Indonesia

Nelayan sedang memindahkan tangkapan ikan ke tumpukan es.- Foto KKP

Bisnis, JAKARTA - Kementerian Kelautan dan Perikanan meluncurkan Neraca Sumber Daya Laut Indonesia di acara The 5th Global Dialogue on Sustainable Ocean Development di Sanur, Bali, Jumat (5/7/2024).

Peluncuran ini menempatkan Indonesia sebagai negara terdepan (leading country) dalam pengembangan neraca sumber daya laut (ocean accounting).

Menteri Koordinator Bidang Maritim dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan bahwa tingginya aktivitas di ruang laut dan kawasan pesisir, serta ancaman kerusakan akibat polusi dan perubahan iklim memacu pemerintah melakukan berbagai terobosan menghadirkan tata kelola laut yang berkelanjutan.  

Neraca sumber daya laut menjadi salah satu terobosan tersebut. "Kita harus mengutamakan kesehatan laut. Kita tidak ingin lagi ada overfishing, kita ingin mengembangkan budidaya perikanan untuk pengelolaan laut yang berkelanjutan. Perlu diingat, perubahan iklim juga sangat terpengaruh oleh laut," ujar Luhut seusai meresmikan Neraca Sumber Daya Laut Indonesia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Ibeth Nurbaiti
Anda belum memiliki akses untuk melihat konten

Untuk melanjutkannya, silahkan login terlebih dahulu

BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.