Urgensi Peran Keamanan Siber Dorong Pertumbuhan Ekonomi Digital

Gelombang transformasi digital yang terus berkembang pesat dan mengubah wajah ekonomi global berdampak pada keamanan siber. Hal ini membuat sangat penting dalam menjaga keamanan siber untuk mendukung potensi pertumbuhan ekonomi yang semakin pesat melalui sektor digital.

Yanita Petriella

4 Sep 2023 - 21.10
A-
A+
Urgensi Peran Keamanan Siber Dorong Pertumbuhan Ekonomi Digital

ilustrasi ekonomi digital.

Bisnis, JAKARTA – Gelombang transformasi digital yang terus berkembang pesat dan mengubah wajah ekonomi global berdampak pada keamanan siber. Hal ini membuat sangat penting dalam menjaga keamanan siber untuk mendukung potensi pertumbuhan ekonomi yang semakin pesat melalui sektor digital.

CEO Fourtrezz Seto Wijaya mengatakan ekonomi digital telah menunjukkan potensi luar biasa di Indonesia. Seiring dengan pertumbuhan tersebut, risiko keamanan siber juga semakin meningkat. Oleh karena itu, sangat penting untuk memastikan bahwa fondasi ekonomi digital kita kokoh dan terjamin dari berbagai ancaman siber.

Berdasarkan studi yang dilakukan oleh Google, Temasek, dan Bain Company pada 2022, ekonomi digital Indonesia adalah yang tertinggi di Asia Tenggara, dengan nilai mencapai US$77 miliar. Angka ini diperkirakan akan terus tumbuh hingga mencapai US$146 miliar di tahun 2025. Pertumbuhan ekonomi digital Indonesia yang pesat ini membuka peluang besar bagi bisnis dan masyarakat Indonesia, namun juga meningkatkan risiko keamanan siber.

“Fourtrezz, sebagai perusahaan keamanan siber yang berbasis di Yogyakarta, berperan aktif dalam membantu berbagai perusahaan dan organisasi untuk mengamankan sistem dan data mereka dari ancaman serangan siber yang berbahaya. Keahlian tim Fourtrezz dalam bidang keamanan siber telah diakui secara nasional dan Internasional terbukti dengan berbagai macam sertifikasi di bidang keamanan siber yang berstandar internasional,” ujarnya dalma keterangan resmi, dikutip Senin (4/9/2023). 

Dia menilai keamanan siber harus menjadi prioritas utama bagi perusahaan dan negara. Dengan memahami ancaman yang ada dan menerapkan langkah-langkah proaktif dalam menjaga keamanan siber, kita dapat mengoptimalkan potensi pertumbuhan ekonomi digital Tanah Air.

Selain itu, lanjut Seto, menjaga kepercayaan keamanan ekonomi digital sangat penting dilakukan. Dengan adanya kepercayaan dari masyarakat bahwa informasi dan data aman, maka akan lebih cenderung untuk terlibat dalam berbagai transaksi digital dan berinteraksi dengan platform online. Hal ini tentu berdampak positif pada pertumbuhan ekonomi digital secara keseluruhan.

Selain memberikan perlindungan terhadap ancaman siber, pertumbuhan ekonomi digital yang aman juga berdampak positif pada berbagai aspek kehidupan masyarakat. Beberapa dampak tersebut antara lain: peningkatan inovasi teknologi, pengembangan start up dan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM), peningkatan e-commerce, efisiensi sistem pemerintahan, perkembangan dunia digital, dan meningkatkan kualitas keamanan kesehatan.

“Keamanan siber yang kokoh mendorong para pelaku usaha di dunia digital untuk berinovasi dan menciptakan teknologi baru. Ketika mereka merasa yakin bahwa data dan informasi mereka aman, mereka akan lebih percaya diri dalam mengembangkan solusi-solusi canggih yang dapat memudahkan kehidupan masyarakat,” katanya. 

Baca Juga: Kekuatan Ekonomi Digital Indonesia Besar Tapi Kurang Tenaga

Kemudian, keamanan siber yang terjamin dapat membuka pintu bagi perkembangan start-up dan UMKM. Dengan kepercayaan yang tinggi dari para konsumen terhadap keamanan transaksi dan data mereka, pelaku usaha kecil dapat menjangkau pangsa pasar yang lebih luas dan meningkatkan potensi pertumbuhan bisnis mereka.

Ekonomi digital yang aman mendorong pertumbuhan sektor e-commerce. Konsumen yang merasa nyaman dalam berbelanja secara online akan meningkatkan aktivitas transaksi, sehingga pelaku usaha e-commerce akan merasakan dampak positif dengan peningkatan penjualan dan pemasaran produk mereka.

Implementasi keamanan siber yang kuat dalam sistem pemerintahan dapat membantu mengurangi risiko kebocoran data dan penyalahgunaan informasi. Dengan begitu, sistem pemerintahan dapat berjalan lebih efisien dan transparan dalam menyediakan layanan publik bagi masyarakat.

“Ekosistem ekonomi digital yang aman membuka peluang bagi perkembangan dunia pendidikan. Pelaksanaan pembelajaran online, platform e-learning, dan kolaborasi antar lembaga pendidikan menjadi lebih lancar dan terjamin keamanannya. Hal ini memberikan akses yang lebih luas bagi para pelajar dan mahasiswa untuk memperoleh ilmu pengetahuan tanpa batas geografis.

Seto menambahkan keamanan siber yang terjamin dalam sistem pelayanan kesehatan membawa dampak positif pada kualitas layanan dan pengelolaan data medis. Hal ini memungkinkan berbagai pihak, termasuk pasien dan tenaga medis, untuk berkomunikasi dan berkolaborasi dengan lebih efisien, sehingga perawatan kesehatan menjadi lebih optimal.

Dampak positif dari pertumbuhan ekonomi digital yang aman ini menunjukkan bahwa keamanan siber tidak hanya menjadi kunci untuk melindungi data dan informasi, tetapi juga menjadi faktor pendorong kemajuan dan inovasi di berbagai sektor kehidupan. 

“Dengan perusahaan keamanan siber seperti Fourtrezz yang berdedikasi dalam menciptakan lingkungan digital yang aman, masa depan ekonomi digital Indonesia dapat tumbuh dan berkembang dengan lebih tangguh dan berkelanjutan,” ucapnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Yanita Petriella

Anda harus login untuk mengomentari artikel ini

Total 0 Komentar

Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.