Usaha Sulit Berkembang? Mungkin ini Penyebabnya

Pemilik harus memutar otak agar kegiatan bisnis bisa berputar, bahkan berkembang. Jika mengalami hal tersebut, mungkin ini penyebabnya.

Jaffry Prabu Prakoso

26 Jan 2023 - 19.25
A-
A+
Usaha Sulit Berkembang? Mungkin ini Penyebabnya

Mahasiswi menyelesaikan pembuatan boneka berbahan bunga artifisial dari tisu di Bandung, Jawa Barat. /JIBI-Rachman

Bisnis, JAKARTA – Menjalankan usaha bisa dikatakan tidak mudah, apalagi bagi yang baru merintis. Apabila kurang perencanaan yang matang, hal terburuk, yakni gulung tikat tak bisa dihindari.

Kalaupun usaha sudah berjalan, masalah belum sampai di situ. Pemilik harus memutar otak agar kegiatan bisnis bisa berputar, bahkan berkembang. Jika Anda mengalami hal tersebut, mungkin ini penyebabnya dikutip dari xendit.co.

 

Tidak Memperhatikan Data

Bisnis baru seringkali mengabaikan data-data penting karena mereka merasa tidak membutuhkannya. Ini biasanya disebabkan mereka tidak mendapatkan banyak konsumen saat pertama kali memulai bisnis.

Pedagang pakaian. /bisnis.com 

Namun, ketika penjualan dan traffic website mulai meningkat, Anda tidak bisa lagi mengabaikan data-data penting tersebut. 

Sayangnya, ada banyak sekali pengusaha yang tidak memiliki strategi tentang bagaimana menumbuhkan bisnis mereka. Mereka biasanya juga tidak mengetahui data mana yang harus dikumpulkan dan dianalisis.

 

Tidak Membangun Hubungan Bisnis

Hubungan bisnis yang dimaksud di sini dapat berupa berbagai hal, baik itu kerja sama antarbisnis, influencer, ataupun afiliasi. Hubungan bisnis dapat membuka jalan baru untuk menumbuhkan bisnis Anda dengan lebih cepat.

Baca juga: Ide Bisnis Modal Kecil di 2023 yang Berpeluang Cuan 

Tidak Mampu Membuat Keputusan Besar

Menunda mengambil keputusan bisnis pada akhirnya akan menentukan masa depan perusahaan Anda. Realitanya, seiring berjalannya waktu, pengambilan keputusan bisnis bisa jadi akan semakin sulit. 

Anda sebagai pemilik bisnis akan sering menghadapi kondisi semacam ini, yaitu mengambil keputusan tanpa adanya pilihan yang jelas. Anda hanya bisa mengandalkan pengalaman dan pengetahuan, lalu berharap semuanya akan baik-baik saja.

Baca juga: Tip Memulai Usaha UMKM untuk Pemula 

Terlalu Fokus pada Hal-Hal Kecil

Menghabiskan energi untuk hal-hal kecil akan membuang-buang waktu berharga Anda. Ingat, Anda adalah bos di sini. Satu-satunya hal yang harus diperhatikan adalah hal-hal yang hanya bisa ditangani oleh seorang bos.

Sebelum mengerjakan tugas apapun, coba tanyakan pada diri sendiri: dapatkah tugas tersebut diselesaikan oleh orang lain? Jika jawabannya iya, maka Anda dapat meminta salah satu karyawan Anda untuk menyelesaikan tugas tersebut, sementara Anda dapat beralih ke hal lain yang lebih penting.

 

Tidak Membelanjakan Uang Anda

Aturan nomor satu dalam bisnis adalah Anda harus mengeluarkan uang untuk bisa menghasilkan uang. Terlalu hemat dalam menjalankan bisnis justru bisa merugikan Anda sendiri.

Misalnya, jika Anda merasa membutuhkan lebih banyak karyawan, maka rekrutlah. Jika melihat kesempatan investasi dalam jangka panjang, jangan takut untuk melakukannya. Bisnis yang terlalu takut untuk berinvestasi ke diri mereka sendiri, tidak akan pernah bisa berhasil. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Jaffry Prabu Prakoso

Anda harus login untuk mengomentari artikel ini

Total 0 Komentar

Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.