Usulan Diskon Tarif Penyeberangan Siang, Begini Kata ASDP

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengusulkan agar pemudik yang menyeberang pada siang hari diberikan diskon tarif penyeberangan untuk memecah kepadatan pemudik. Kepastian mengenai implementasi usulan tersebut baru akan disampaikan ASDP kepada publik pada Kamis (28/4) di Pelabuhan Merak.

Yanita Petriella

27 Apr 2022 - 19.51
A-
A+
Usulan Diskon Tarif Penyeberangan Siang, Begini Kata ASDP

Suasana antrian kendaraan pemudik di Pelabuhan Merak pada Senin (25/4). /Antara

Bisnis, JAKARTA - PT Angkutan Sungai Danau dan Pelabuhan (Persero) hingga hari ini, Rabu (27/4) belum bisa memastikan terkait implementasi diskon tarif penyeberangan Merak-Bakauheni pada siang hari yang diusulkan oleh Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi. 

Corporate Secretary PT Angkutan Sungai Danau dan Pelabuhan (ASDP) Shelvy Arifin mengatakan saat ini masih berkoordinasi dengan Kemenhub selaku regulator terkait usulan tersebut. Kepastian mengenai implementasi usulan tersebut baru akan disampaikan kepada publik pada Kamis (28/4) di Pelabuhan Merak.

“Belum ada keputusan, besok, Kamis [28/4) akan kami infokan lewat media gathering di Merak,” ujarnya kepada Bisnis, melalui pesan singkat, Rabu (27/4/2022). 

Pada kesempatan tersebut akan dijelaskan bagaimana penerapan usulan diskon itu mulai dari besaran diskon hingga siapa saja pemudik yang berhak mendapatkannya. 

Dari tahun ke tahun, kepadatan yang terjadi setiap masa mudik Lebaran di Pelabuhan Merak kerap terjadi pada malam hari. Pemudik memilih untuk menyeberang pada malam hari untuk menghindari cuaca panas pada siang hari.

Selain itu, pemudik memilih untuk menyeberang pada malam hari dengan alasan keamanan sesampainya di Sumatra. Seperti diketahui, perjalanan malam di Jalur Lintas Sumatra risiko kejahatan terbilang tinggi.

Apabila menyeberang pada malam hari, para pemudik akan tiba di Sumatra atau Pelabuhan Bakahueni pada dini hari. Mereka terlebih dahulu makan sahur sebelum nantinya melanjutkan perjalanan ke kota tujuan setelah matahari terbit.

Sebelumnya, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengusulkan agar pemudik yang menyeberang pada siang hari diberikan diskon tarif penyeberangan. Tujuannya agar persebaran pergerakan penumpang menjadi lebih merata, tidak terkonsentrasi di malam hari seperti biasanya.

"Saya rekomendasikan ada disparitas harga tiket penyeberangan di siang hari dengan malam hari. Yang siang hari dibuat lebih murah sehingga diharapkan pergerakan lebih merata," katanya. (Rezha Hadyan)
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Yanita Petriella

Anda harus login untuk mengomentari artikel ini

Total 0 Komentar

Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.