Free

Usulan Mustahil Agar Izin Starlink Dibekukan

Saat suatu penyelenggara telah mengantongi izin, maka perusahaan tersebut berhak menyelenggarakan usahanya di Indonesia sepanjang tidak melakukan pelanggaran terhadap regulasi.

Rika Anggraeni

29 Mei 2024 - 15.07
A-
A+
Usulan Mustahil Agar Izin Starlink Dibekukan

Pemancar Starlink. /Starlink.com

Bisnis, JAKARTA — Usul Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) untuk membekukan izin penjualan Starlink di Indonesia mustahil dipenuhi. Para pemain lokal merasa keberadaan internet milik Elon Musk itu mengancam industri.

Direktur Telekomunikasi Direktorat Jenderal Penyelenggaraan Pos dan Informatika (DJPPI) Kemenkominfo Aju Widya Sari menyampaikan bahwa satelit Starlink sudah mengantongi izin dan diperbolehkan menyelenggarakan usaha di Indonesia.

Enggak ada penghentian izin penyelenggaraan untuk Starlink, mereka sudah dapat izin, mereka sudah boleh berusaha, sudah memenuhi persyaratan izin,” katanya saat ditemui di Jakarta, Selasa (28/5/2024).

Baca juga: Meninjau Ulang Lisensi Starlink demi Kesehatan Industri Telekomunikasi

Aju menjelaskan bahwa saat suatu penyelenggara telah mengantongi izin, maka perusahaan tersebut berhak menyelenggarakan usahanya di Indonesia sepanjang tidak melakukan pelanggaran terhadap regulasi.

Tak hanya itu, Aju menyampaikan bahwa Network Operation Center (NOC) Starlink juga sudah ada di Indonesia. NOC merupakan salah satu persyaratan untuk uji laik operasi (ULO).

“[Starlink] sudah bisa membuktikan kalau NOC-nya ada di Indonesia. Sudah ada NOC sebelum izin terbit, di Karawang dan Cibitung ada satu. bisa remote gateway di Cibitung di-remote ke Karawang,” ungkapnya.

 

 

Selain itu, Aju menambahkan bahwa perangkat kit Starlink seperti router hingga antena array juga sudah tersertifikasi oleh Kemenkominfo. 

Begitu pun dengan alamat IP atau IP address yang digunakan sama seperti penyelenggara lokal di Indonesia, yaitu menggunakan IP address dari Indonesia.

“[IP address] Indonesia. Semua sudah memenuhi syarat, mereka sudah penuhi persyaratan,” pungkasnya.

Baca juga: Pemain Lokal Desak Izin Starlink Dibekukan, Pemerintah Pasang Badan

Sebelumnya, APJII mengusulkan agar pemerintah untuk membekukan izin penjualan ritel Starlink. Tak hanya itu, asosiasi juga meminta agar pemerintah meninjau ulang pemberian lisensi satelit Elon Musk.

“Pembekuan izin penjualan langsung [ritel] untuk layanan Starlink hingga regulasi yang lebih jelas diterapkan,” kata Ketua Umum APJII Muhammad Arif dalam konferensi pers virtual APJII bertajuk ‘Perlakuan Khusus Starlink Buat Siapa dan Untuk Daerah Mana?’, Senin (27/5/2024).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Jaffry Prabu Prakoso

Anda harus login untuk mengomentari artikel ini

Total 0 Komentar

Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.