Utak-Atik Subsidi Pupuk & Ironi Sikap HKTI

Sebagai wadah petani mengadu, usulan HKTI justru ironis. Apalagi subsidi pupuk merupakan salah satu dukungan nyata pemerintah yang manfaatnya dirasakan langsung oleh rakyat.

Rustam Agus

24 Mar 2022 - 17.00
A-
A+
Utak-Atik Subsidi Pupuk & Ironi Sikap HKTI

Pupuk Bersubsidi / Istimewa

Bisnis, JAKARTA – Usulan penghapusan subsidi pupuk bagi kalangan petani kembali terdengar. Ironisnya justru datang dari organisasi yang seharusnya membela kepentingan petani.

Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI) mengusulkan agar program pupuk bersubsidi yang dilaksanakan pemerintah hanya untuk jenis urea karena merupakan pupuk yang banyak dibutuhkan petani.

Wadah perkumpulan petani yang dipimpin Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko tersebut memperhitungkan hampir setiap tahun pupuk bersubsidi dianggarkan dan digelontorkan tetapi setiap tahun itu pula selalu tidak cukup. 

“Karena itu HKTI usul agar pupuk yang disubsidi cukup urea saja, sebagai pupuk inti dan yang banyak dibutuhkan petani," kata Sekretaris Jenderal HKTI Sadar Subagyo, seperti dikutip Antara, Rabu (23/3).
 
Berdasarkan pengamatan HKTI, jumlah usulan kebutuhan pupuk bersubsidi yang mencapai 23 juta ton untuk 73 komoditas dengan jumlah alokasi APBN terkait pupuk bersubsidi tidak akan mencukupi.
 
"Pasti kurang, karena alokasi dana APBN tidak mencukupi untuk semua jenis kebutuhan pupuk. Harus ada prioritas jenis pupuk yang disubsidi guna menjamin 100 persen terpenuhi kebutuhan," tambah Sadar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Rustam Agus
Jelajahi peluang bisnis terpercaya dengan berlangganan
Temukan keleluasaan dan keuntungan maksimal dengan pilihan paket berlangganan eksklusif ini
BERLANGGANAN SEKARANG
Tidak Memerlukan Komitmen, Batalkan Kapan Saja
Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.