Utang April 2023 Berkurang, Tapi Total Utang Masih Mengular

Jika dana sekitar Rp7,8 ribu triliun dicairkan, katakanlah dalam pecahan Rp100.000, utang pemerintah masih panjang mengular.Meski begitu, strategi pengelolaan utang yang dijalankan pemerintah membuat sang ular masih bisa dikendalikan agar tidak "mencaplok" keseluruhan PDB.

Saeno

26 Mei 2023 - 15.46
A-
A+
Utang April 2023 Berkurang, Tapi Total Utang Masih Mengular

Ilustrasi - Uang Rupiah dalam tumpukan dolar AS. Strategi pengelolaan utang yang dijalankan pemerintah membuat utang masih bisa dikendalikan./Bisnis

Bisnis, JAKARTA – Mutasi pembiayaan membuat utang pemerintah pada April 2023 mengalami penurunan. Total utang pemerintah masih di kisaran Rp7,8 ribu triliun. Jika dana sekitar Rp7,8 ribu triliun  dicairkan, katakanlah dalam pecahan Rp100.000, utang pemerintah masih panjang mengular.Meski begitu, strategi pengelolaan utang yang dijalankan pemerintah membuat sang ular masih bisa dikendalikan agar tidak "mencaplok" keseluruhan PDB.  

Sorotan soal besarnya utang kerap disampaikan ekonom yang mengkritik kebijakan utang pemerintah. Mereka menilai pemerintah terlalu “mengejar” plafon standar keamanan utang yang ditetapkan sebesar 60 persen dari PDB. Sementara itu, jumlah utang yang besar dianggap sebagai hal yang aman karena masih jauh di bawah batas 60 persen PDB.

Paling akhir, saat menyampaikan sambutan pada milad (ulang tahun) ke-21 Partai Keadilan Sosial (PKS) di Istora Senayan, Jakarta, Sabtu (20/5/2023), mantan Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) menyentil soal besarnya utang pemerintah.

JK diberitakan menyebut soal utang pemerintah yang melonjak tajam. JK juga mengatakan, berdasar informasi yang diperolehnya, bahwa untuk membayar utang pokok dan bunga dalam setahun, jumlahnya sudah menembus Rp1.000 triliun.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Saeno
company-logo

Lanjutkan Membaca

Utang April 2023 Berkurang, Tapi Total Utang Masih Mengular

Dengan paket langganan dibawah ini :

Tidak memerlukan komitmen. Batalkan kapan saja.

Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.

Copyright © Bisnis Indonesia Butuh Bantuan ?FAQ
Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.