Utang Luar Negeri Berkurang, Beban Bunga Sedikit Lebih Ringan

Posisi utang luar negeri Indonesia pada Februari berkurang dibandingkan Januari 2023. Semakin besar jumlah utang berkurang, beban bunga utang pun akan bertambah ringan.

Saeno

14 Apr 2023 - 19.56
A-
A+
Utang Luar Negeri Berkurang, Beban Bunga Sedikit Lebih Ringan

Ilustrasi - Mata uang dolar di antara rupiah. Utang luar negeri Indonesia pada Februari 2023 mengalami kontraksi dibandingkan posisi Januari 2023./Bisnis-Himawan L Nugraha

Bisnis, JAKARTA - Posisi utang luar negeri Indonesia pada Februari berkurang dibandingkan Januari 2023. Semakin besar jumlah utang berkurang, beban bunga utang pun akan bertambah ringan. Selama ini yang menjadi perhatian pengamat dan ekonom adalah beban pembiayaan utang yang harus ditanggung APBN jika utang terus membesar.

Adapun posisi utang luar negeri atau ULN pemerintah pada Februari 2023  mencapai US$192,3 miliar. Jumlah ULN US$192,3 miliar tersebut lebih rendah dibandingkan ULN pada Januari 2023 yang mencapai US$194,3 miliar dolar. Secara tahunan, ULN pemerintah mengalami kontraksi pertumbuhan lebih  dalam, dari 2,5 persen (yoy) pada Januari 2023 menjadi 4,4 persen (yoy) pada Februari 2023. 

Secara keseluruhan, Bank Indonesia (BI) mencatat posisi utang luar negeri (ULN) Indonesia mencapai  US$400,1 miliar pada Februari 2023, turun US$4,5 miliar dari posisi Januari 2023. 

Menurut Kepala Departemen Komunikasi BI Erwin Haryono posisi ULN Indonesia pada Februari 2023 mengalami kontraksi 3,7 persen secara tahunan (year-on-year/yoy). Kontraksi tersebut lebih dalam daripada kontraksipada bulan sebelumnya yang mencapai  2,0 persen (yoy).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Saeno
company-logo

Lanjutkan Membaca

Utang Luar Negeri Berkurang, Beban Bunga Sedikit Lebih Ringan

Dengan paket langganan dibawah ini :

Tidak memerlukan komitmen. Batalkan kapan saja.

Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.

Copyright © Bisnis Indonesia Butuh Bantuan ?FAQ
Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.