Vaksinasi Anak Usia 6-11 Berlangsung Mulai Awal 2022

Vaksinasi anak menjadi hal yang penting sekarang apalagi pembelajaran tatap muka sudah dimulai.

Redaksi

2 Nov 2021 - 11.13
A-
A+
Vaksinasi Anak Usia 6-11 Berlangsung Mulai Awal 2022

Ilustrasi/Antara

Bisnis, JAKARTA - Mulai awal tahun depan anak-anak usia 6 - 11 tahun sudah dapat menjalani vaksinasi Covid-19. Sementara itu, Badan Pengawas Obat dan Makanan telah mengeluarkan izin penggunaan vaksin Covid-19 anak di bawah 12.

Izin penggunaan vaksin Covid-19 untuk anak di bawah 12 tahun itu disampaikan Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM), Senin (1/11/2021).

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) saat ini sedang menyiapkan teknis pelaksanaan vaksinasi Covid-19 anak usia 6-11 tahun. Kemenkes menargetkan pelaksanaan vaksinasi akan dimulai pada awal 2022. 

“Kita akan fokus untuk menyelesaikan sasaran target untuk mendapatkan kekebalan kelompok. sementara kita menyiapkan pelaksanaan teknisnya termasuk seperti prosedur skrining dan prosedur vaksinasinya,” ujar Juru Bicara Kemenkes Siti Nadia Tarmidzi, Selasa (2/11/2021).

Dikatakan Nadia, seiring dengan itu, Kemenkes akan terus berkonsultasi dengan Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) dan Indonesian Technical Advisory Group on Immunization (ITAGI), serta organisasi profesi lainnya.

“Sambil kita mengupayakan ketersediaan tambahan vaksin untuk sasaran 6 - 11 tahun. Dengan tercapaianyaa sasaran vaksinasi pada target 208 juta penduduk, maka ini juga akan memberikan proteksi pada kelompok yang belum mendapatkan vaksinasi termasuk pada anak usia di bawah 12 tahun,” kata Nadia.

Pelaksanaan vaksinasi anak, lanjut Nadia, akan dilakukan seperti skema imunisasi nasional di sekolah.

“Kemungkinan salah satu skema vaksinasi melalui sekolah masing-masing seperti saat kita melakukan imunisasi nasional,” jelas Nadia.

BPOM resmi menerbitkan izin penggunaan darurat atau emergency use authorization (EUA) bagi vaksin Sinovac dan vaksin buatan Bio Farma untuk disuntikkan kepada anak usia 6-11 Tahun.

Kepala BPOM Penny Lukito mengatakan vaksinasi anak menjadi hal yang penting sekarang apalagi pembelajaran tatap muka sudah dimulai.

"Jadi kita tetap harus menggulirkan vaksin Covid-19 ini penting. Anak-anak menjadi penting. Usia 6 - 17 tahun sudah bisa dilakukan. Untuk usia di bawah 6 tahun masih terus kami usahakan karena usia ini butuh perlakuan khusus," kata Penny dalam konferensi pers di Jakarta, Senin (1/11/2021). (Indra Gunawan, Fitri Sartina Dewi)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Saeno

Anda harus login untuk mengomentari artikel ini

Total 0 Komentar

Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.