Vasanta & Sanusa Medika Bangun RS Internasional Pertama di Depok

Vasanta Group dan Sanusa Medika berkerja sama membangun rumah sakit internasional pertama di kawasan Eco Town Sawangan, Depok, Jawa Barat. Rumah sakit ini ditargetkan akan mulai beroperasi pada kuartal pertama tahun 2025.

Yanita Petriella

12 Jun 2023 - 23.02
A-
A+
Vasanta & Sanusa Medika Bangun RS Internasional Pertama di Depok

Ilustrasi rumah sakit. /istimewa

Bisnis, JAKARTA – Vasanta Group dan Sanusa Medika bekerja sama membangun rumah sakit (RS) internasional pertama di kawasan Eco Town Sawangan, Depok, Jawa Barat. Sanusa Medika merupakan perusahaan joint venture yang didirikan pada 2020 antara perusahaan kesehatan Australia Aspen Medical dan Docta bekerja sama dengan BUMD Jawa Barat PT Jasa Sarana.

Pembangunan rumah sakit internasional ini bertujuan untuk mengatasi kekurangan tempat tidur yang ada di coverage area. Dengan kapasitas tempat tidur sebanyak 200 tempat tidur, termasuk unit-unit khusus seperti tempat tidur isolasi yang canggih dan unit perawatan intensif, akan memastikan pasien menerima perawatan berkualitas tinggi di lingkungan yang nyaman dan penuh kasih sayang.

Direktur Operasional Sanusa Medika Marwan Hanif mengatakan salah satu ciri khas rumah sakit internasional milik Aspen Medical yang berbasis di Australia, ini akan menawarkan perawatan khusus bagi masyarakat penderita diabetes. Dengan mengejar akreditasi perawatan diabetes internasional, fasilitas kesehatan ini akan menjadi tujuan utama bagi pasien diabetes di Depok dan seluruh Indonesia.

Selain itu, rumah sakit ini nantinya punya tiga pusat keunggulan yakni nefrologi dan hipertensi, endokrinologi, dan gastro-hepatologi yang akan menyediakan layanan komprehensif untuk mengatasi permintaan yang meningkat terhadap perawatan khusus. 

Rencananya, selain di Kota Depok, Sanusa Medika juga berencana untuk melebarkan jaringan rumah sakitnya di beberapa kota seperti Bogor, Bandung dan lainnya di Pulau Jawa.   

Direktur Rumah Sakit Sanusa Medika Mevin Handoyo menuturkan rencananya, rumah sakit ini akan didesain oleh arsitek dari Belanda yang memperhatikan konsep green hospital dan mementingkan kenyamanan tidak hanya diperuntukkan bagi pasien tetapi juga dokternya.

Dalam pembangunan rumah sakit ini nantinya juga mengedepankan berbagai teknologi yang berkaitan dengan industri hospitality, terutama dalam hal konsumsi energi yang ramah lingkungan pada penataan desain ruangan, termasuk pula pada sumber energi elektrikalnya. 

Melalui kolaborasi antara Sanusa dan Vasanta Group yang dinilai merupakan partner dengan reputasi cukup baik, diharapkan kerjasama ini dapat meningkatkan co-branding dari masing-masing perusahaan,” ujarnya dikutip Senin (12/6/2023). 

Baca Juga: Paramount Enterprise Perkuat Bisnis Kesehatan Bangun Rumah Sakit

Pemilihan Sawangan sebagai lokasi dibangunnya rumah sakit internasional dikarenakan wilayah ini sebagai salah satu wilayah yang sedang berkembang dan mempunyai potensi investasi yang cukup baik jika dilihat dari aksesibilitasnya.

“Kami optimis bahwa rumah sakit ini bisa diterima masyarakat luas karena ketersediaan tenaga medis (dokter) di Depok cukup mumpuni,” katanya. 

Terlebih, 90 persen pembangunan rumah sakit ini dilakukan oleh Aspen Medical yang berasal dari Australia sehingga memiliki sertifikat berstandar internasional yang diperkuat juga oleh dokter profesional. Diharapkan hadirnya rumah sakit internasional di Kota Depok akan menjadi rumah sakit percontohan bagi rumah sakit di Indonesia. 

Adapun Aspen Medical memiliki target market untuk membidik semua golongan masyarakat yang membutuhkan pelayanan kesehatan terpadu. Tidak menutup kemungkinan, pasien yang datang tidak hanya dari wilayah Depok, Bogor dan Jakarta, tetapi juga dari luar negeri seperti Singapura.

Pada kesempatan yang sama, Executive Director Vasanta Group Denny Asalim menjelaskan groundbreaking pembangunan rumah sakit Internasional akan dilakukan pada kuartal IV tahun ini. Diharapkan pembangunannya sesuai target, pengerjaan konstruksinya akan memakan waktu kurang lebih 18 bulan. Rumah sakit ini ditargetkan akan mulai beroperasi pada kuartal pertama tahun 2025.  

“Kolaborasi ini otomatis akan menambah nilai jual dari Eco Town Sawangan, kawasan yang dikembangkan oleh Vasanta Group bersama dengan Lotte Land Indonesia. Ke depannya, Eco Town akan menjadi sebuah kawasan komersial bernuansa internasional dengan beragam bisnis komersial di dalamnya,” tuturnya. 

Lokasi Rumah Sakit Internasional ini akan dibangun di lokasi yang sangat strategis, tepat disebelah Senopati Boulevard yang merupakan shopping street sepanjang 2 kilometer. 

“Untuk melengkapi keberadaan Rumah Sakit Internasional Aspen Medical, Vasanta Group dan Lotte Land Indonesia sedang mengembangkan sebuah distrik komersial bernama Sinsa District, yang akan berlokasi tepat di sebelah rumah sakit,” ucapnya. 

Dengan kehadiran Rumah Sakit Internasional dan pengembangan Sinsa District, kawasan Vasanta Eco Town Sawangan akan menjadi center of health tourism dalam menarik wisatawan yang mencari perawatan kesehatan dan pengalaman liburan. 

Untuk diketahui Vasanta Eco Town merupakan township modern seluas 102 hektare besutan Mitshubishi Cooporation Japan dan PT Pakuan Tbk (UANG). Rencananya, Vasanta Eco Town memiliki kawasan residensial Shilla at Sawangan, kawasan komersial, mal dan lainnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Yanita Petriella

Anda harus login untuk mengomentari artikel ini

Total 0 Komentar

Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.