Vasanta & Sanusa Medika Garap Medical Tourism Pertama di Depok

Aspen Medical akan menginvestasikan dana sebesar Rp600 miliar hingga Rp750 miliar untuk mendirikan rumah sakit berstandar internasional pertama di Kota Depok di lahan seluas 12.500 meter persegi.

Yanita Petriella

23 Jun 2023 - 05.14
A-
A+
Vasanta & Sanusa Medika Garap Medical Tourism Pertama di Depok

Ecotown Sawangan besutan Vasanta Group

Bisnis, JAKARTA – Vasanta Group dan Sanusa Medika mulai pembangunan rumah sakit (RS) internasional pertama di kawasan Eco Town Sawangan, Depok, Jawa Barat. 

Rumah sakit tersebut bernama Aspen Medical Hospital Depok. Sanusa Medika merupakan perusahaan joint venture yang didirikan pada 2020 antara perusahaan kesehatan Australia Aspen Medical dan Docta bekerja sama dengan BUMD Jawa Barat PT Jasa Sarana.

Aspen Medical akan menginvestasikan dana sebesar Rp600 miliar hingga Rp750 miliar untuk mendirikan rumah sakit berstandar internasional pertama di Kota Depok di lahan seluas 12.500 meter persegi. 

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Republik Indonesia (RI) Airlangga Hartarto mengatakan kesepakatan pembangunan rumah sakit ini merupakan kerja sama bilateral saat Presiden RI Jokowi berdiskusi dengan Perdana Menteri Australia Anthony Albanese di forum G20 beberapa waktu lalu di Bali. Dalam pembangunan proyek rumah sakit ini, investasi Australia mencapai sebesar 90 persen.

“Kerja sama ini diharapkan dapat terus meningkatkan investasi perusahaan-perusahaan Australia di Indonesia, seperti yang dilakukan Aspen Medical untuk mendukung sektor layanan kesehatan berkualitas di Indonesia,” ujarnya dalam keterangan resmi, Jumat (23/6/2023). 

Menurutnya, hadirnya Aspen Medical Hospital Depok juga diharapkan dapat mengurangi keinginan masyarakat untuk berobat ke luar negeri. Oleh sebab itu, pemerintah akan terus mendukung pembangunan rumah sakit seperti Aspen Medical Hospital Depok ini sehingga dapat berdampak positif bagi masa depan medical tourism Indonesia. 

“Salah satu tujuan utama dari kemitraan ini adalah untuk mengkatalisasi pemulihan kesehatan dan ekonomi bagi warga Jawa Barat,” katanya. 

Pada 2020 lalu, Aspen Medical dan Docta telah menandatangani kesepakatan untuk menginvestasikan US$1 billion atau setara Rp14 triliun di Indonesia dan bekerja sama dengan BUMD Jawa Barat PT Jasa Sarana mendirikan perusahaan joint venture Sanusa Medika.

Rencananya, Sanusa Medika akan membangun 23 rumah sakit serta 650 klinik kesehatan masyarakat di provinsi Jawa Barat selama jangka waktu 20 tahun ke depan, salah satunya adalah Aspen Medical Hospital Depok.

Menteri Kesehatan RI Budi Gunadi Sadikin menuturkan sesuai instruksi Presiden bahwa ketersediaan rumah sakit dengan layanan lengkap, berkualitas sangat dibutuhkan dan harus ditingkatkan oleh Indonesia.

Aspen Medical Hospital Depok merupakan salah satu bentuk dukungan untuk membantu pemerintah dalam memenuhi kebutuhan masyarakat akan layanan kesehatan. 

“Kami mengapresiasi Aspen Medical akan memberikan layanan kesehatan berkelas internasional ke Indonesia. Sehingga kontribusinya diharapkan dapat meningkatkan kemajuan standar kesehatan Indonesia,” ucapnya. 

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menuturkan pemerintah daerah Jawa Barat mengapresiasi Aspen Medical dan Sanusa Medika atas komitmennya dalam mewujudkan kemajuan pelayanan kesehatan di Jawa Barat. Pembangunan rumah sakit ini sangat penting, karena sektor kesehatan akan sangat berdampak pada kesejahteraan masyarakat.

“Kami yakin, proyek ini akan membantu upaya meningkatkan kualitas hidup masyarakat Jawa Barat dan memperteguh Provinsi Jawa Barat menjadi daerah yang unggul dalam pelayanan kesehatan,” ujarnya.

Founder & Executive Chairman of Aspen Medical Glenn Keys AO mengatakan rumah sakit Aspen Medical Hospital Depok mengusung konsep layanan terpadu dengan keunggulan kelas dunia, dapat memberikan standar, inovasi, dan perawatan kesehatan berkualitas standar internasional yang komprehensif dan terintegrasi. 

“Kami sangat senang bisa menghadirkan rumah sakit yang dapat memenuhi beragam kebutuhan layanan kesehatan bagi masyarakat Indonesia, khususnya di Jawa Barat,” katanya. 

Baca Juga: Vasanta & Sanusa Medika Bangun Rumah Sakit Internasional Pertama di Depok


Atasi Kekurangan Tempat Tidur

CEO Sanusa Medika Andrew Rochford menambahkan dengan dukungan dari Aspen Medical, Docta dan PT Jasa Sarana, Sanusa Medika berkomitmen untuk menghadirkan perawatan kesehatan yang lebih baik, terutama bagi mereka yang belum mendapatkan akses layanan kesehatan. 

“Upaya kami ini mencakup berbagai aspek, termasuk peningkatan dalam layanan kesehatan, penyediaan kapasitas tempat tidur, perluasan akses ke lebih banyak peralatan diagnostik, dan penyediaan layanan kesehatan dengan standar internasional,” tuturnya. 

Aspen Medical Hospital Depok merupakan rumah sakit umum tipe B yang akan memiliki sertifikat berstandar internasional. Hadir dengan tujuan untuk mengatasi kekurangan ketersediaan tempat tidur, khususnya di cakupan wilayah Depok dan sekitarnya. 

Dengan kapasitas tempat tidur sebanyak 200 unit, tempat tidur isolasi yang canggih dan unit perawatan intensif, diharapkan memiliki kemampuan untuk menyediakan lebih dari 30.000 kunjungan rawat jalan per tahun dan lebih dari 3.000 hari rawat inap pada tahun pertama operasinya. 

Andrew meyakini Aspen Medical Hospital Depok bisa mencapai potensi optimal untuk lebih dari 300.000 kunjungan rawat jalan per tahun dan lebih dari 26.000 hari Rawat Inap pada tahun ke-11. 

Rumah sakit ini juga diharapkan dapat menjaring setidaknya 56.000 pasien inbound medical tourism setiap tahunnya,” ucapnya. 

Executive Director Vasanta Group Denny Asalim menuturkan diharapkan pembangunannya sesuai target, pengerjaan konstruksinya akan memakan waktu kurang lebih 18 bulan. Rumah sakit ini ditargetkan akan mulai beroperasi pada kuartal pertama tahun 2025.   

“Selain meningkatkan nilai jual Eco Town Sawangan, kawasan yang dikembangkan oleh Vasanta Group bersama dengan Lotte Land Indonesia. Kolaborasi ini dipastikan akan menjadikan Eco Town sebagai satu-satunya kawasan komersial bernuansa internasional dengan beragam bisnis komersial di dalamnya. Rumah sakit internasional ini akan dibangun di lokasi yang sangat strategis, yaitu di Senopati Boulevard, 2 km shopping street yang menjadi ikon komersial Eco Town Sawangan,” papar Denny

Untuk melengkapi keberadaan Rumah Sakit Internasional Aspen Medical Hospital Depok, Vasanta Group dan Lotte Land Indonesia sedang mengembangkan sebuah distrik komersial bernama Sinsa District, yang akan berlokasi tepat di sebelah rumah sakit Aspen Medical Hospital Depok.

Dengan kehadiran Rumah Sakit Internasional dan pengembangan Sinsa District, kawasan Vasanta Eco Town Sawangan akan menjadi center of health tourism dalam menarik wisatawan yang mencari perawatan kesehatan dan pengalaman liburan. 

Untuk diketahui Vasanta Eco Town merupakan township modern seluas 102 hektare besutan Mitshubishi Cooporation Japan dan PT Pakuan Tbk (UANG). Rencananya, Vasanta Eco Town memiliki kawasan residensial Shilla at Sawangan, kawasan komersial, mal dan lainnya.

Editor: Yanita Petriella

Anda harus login untuk mengomentari artikel ini

Total 0 Komentar

Kembali ke Atas
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.