Free

Volvo EX90, Awal Era Baru Mobil Volvo

Volvo Cars resmi merilis mobil listrik baterai EX90 di Stockholm, Rabu (9/11/2022). Menggantikan XC90, SUV medium berkapasitas 7 penumpang ini menandai era baru mobil Volvo. Pabrikan Swedia ini telah bertekad hanya akan menjual mobil listrik pada 2030.

Fatkhul Maskur

13 Nov 2022 - 14.00
A-
A+
Volvo EX90, Awal Era Baru Mobil Volvo

Volvo EX90. - Foto Volvo Cars

Bisnis, JAKARTA - Volvo Cars resmi merilis mobil listrik baterai EX90 di Stockholm, Rabu (9/11/2022). Menggantikan XC90, SUV medium berkapasitas 7 penumpang ini menandai era baru mobil Volvo. Pabrikan Swedia ini telah bertekad hanya akan menjual mobil listrik pada 2030.

Volvo EX90 adalah SUV mewah ukuran menengah elektrik bertenaga baterai yang diproduksi dan dipasarkan oleh Volvo Cars. Kendaraan tiga baris ini dirilis sebagai kendaraan listrik pesanan pertama yang dipasarkan dengan merek Volvo.

Dimulai dengan EX90, Volvo Cars akan meluncurkan satu mobil listrik baru setiap tahun. Pada 2030, Volvo Cars bertujuan untuk hanya menjual mobil listrik sepenuhnya, salah satu cetak biru elektrifikasi paling ambisius di industri otomotif dan penting bagi ambisi untuk menjadi perusahaan yang netral terhadap iklim pada 2040.

Volvo Cars telah mengungkapkan SUV andalan listrik barunya kepada dunia di pusat kota Stockholm, yang mencerminkan akar Volvo di Swedia. Untuk menunjukkan jejaknya sebagai perusahaan global, Volvo akan memproduksi EX90 di AS mulai 2023 dan kemudian di China.

Klasik dalam desain Skandinavia, Volvo EX90 mendefinisikan prinsip fungsi mengikuti bentuk. Ini adalah mobil keluarga serbaguna dan bergaya dengan proporsi modern, dikombinasikan dengan teknologi mutakhir dalam komputasi inti, konektivitas, dan elektrifikasi untuk mengoptimalkan keselamatan, efisiensi, dan estetika.

“Volvo EX90 adalah pernyataan tentang di mana kami berada, dan ke mana kami akan pergi,” kata Jim Rowan, Kepala Eksekutif Volvo Cars. "Volvo EX90 adalah awal dari sesuatu yang baru untuk Volvo Cars dalam banyak hal.”

Volvo EX90 sepenuhnya listrik memiliki jangkauan hingga 600 kilometer dengan sekali pengisian daya. Standar keselamatan Volvo EX90 juga lebih tinggi dari mobil Volvo sebelumnya. Mobil ini juga akan menjadi lebih pintar dan lebih aman dari waktu ke waktu, karena ia belajar dari data baru dan menerima pembaruan. 

Lidar

Volvo EX90 memiliki pelindung keselamatan tak terlihat yang diaktifkan oleh teknologi penginderaan terbaru, di dalam dan di luar. Sensor canggih seperti kamera, radar, dan lidar terhubung ke komputer inti performa tinggi mobil, di mana Nvidia Drive menjalankan perangkat lunak internal Volvo Cars untuk menciptakan pandangan dunia 360 derajat secara real-time. 

Sensor tidak lelah atau terganggu. Mereka dirancang untuk merespons dan bereaksi ketika Anda terlambat. Lidar, yang dikirimkan oleh Luminar, dapat merasakan jalan di depan Anda, baik siang maupun malam, juga pada kecepatan jalan raya. 

Ia dapat melihat benda-benda kecil ratusan meter di depan, menciptakan lebih banyak waktu untuk menginformasikan, bertindak, dan menghindari. Sensor juga berkontribusi untuk meningkatkan keandalan dan kinerja keseluruhan dari fungsi pengemudian bantuan kami, Pilot Assist, dengan dukungan kemudi baru saat berpindah jalur.


Sketsa kabin Volvo EX90. - Volvo Cars


Di dalam, perisai keselamatan tak terlihat juga mengawasi Anda. Sensor dan kamera khusus, yang didukung oleh algoritme yang dikembangkan sendiri, mengukur konsentrasi tatapan mata. Teknologi ini memungkinkan Volvo EX90 untuk memahami saat Anda terganggu, mengantuk, atau lalai, di luar apa yang mungkin terjadi di mobil Volvo hingga saat ini. 

Ini akan mengingatkan Anda, pertama dengan lembut menyenggol, lalu lebih mendesak. Dan jika hal yang tidak terpikirkan terjadi, dan Anda tertidur atau jatuh sakit saat mengemudi, Volvo EX90 dirancang untuk berhenti dan meminta bantuan dengan aman.

Akhirnya, berkat set sensor canggih termasuk lidar, Volvo EX90 adalah Volvo pertama yang siap untuk mengemudi tanpa pengawasan di masa depan.

Teknologi Inti

Sistem inti – ditenagai oleh platform AI Nvidia Drive Xavier dan Orin, Platform Kokpit Snapdragon dari Qualcomm Technologies dan perangkat lunak yang dikembangkan sendiri oleh para insinyur Volvo – menjalankan sebagian besar fungsi inti di dalam mobil, mulai dari keselamatan dan infotainment hingga manajemen baterai. Hasil akhirnya adalah pengalaman yang lebih responsif dan menyenangkan di dalam mobil.

Dengan kata lain, Volvo EX90 Anda bukan hanya mobil baru, tetapi juga komputer yang sangat canggih di atas roda. Lebih baik lagi, sama seperti ponsel cerdas atau laptop Anda, Volvo EX90 dirancang untuk menjadi lebih baik dari waktu ke waktu, berkat pembaruan perangkat lunak over-the-air yang rutin.

Dengan menggabungkan kekuatan komputasi canggih dari Platform Kokpit Snapdragon dengan kemampuan visualisasi Unreal Engine, alat 3D yang dikembangkan oleh Epic Games dan digunakan untuk memberi daya pada beberapa gim terbesar di dunia, untuk memberi Anda komputasi secepat kilat grafis bertenaga dan berkualitas tinggi pada layar dalam mobil dan tampilan head-up.

Layar tengah 14,5 inci adalah pintu gerbang Anda ke salah satu sistem infotainment terbaik yang ditawarkan, dengan Google bawaan. Aplikasi dan layanan Google termasuk bantuan handsfree dari Asisten Google, navigasi Google Maps, dan lebih banyak lagi aplikasi favorit Anda di

Layar tengah 14,5 inci adalah pintu gerbang Anda ke salah satu sistem hiburan terbaik yang ditawarkan, dengan Google bawaan. Aplikasi dan layanan Google termasuk bantuan bebas genggam dari Asisten Google, navigasi Google Maps, dan aplikasi favorit lainnya di Google Play semuanya sudah terpasang. Tampilan di Volvo EX90 membantu Anda tetap fokus pada jalan dengan menawarkan informasi yang tepat pada waktu yang tepat. Volvo EX90 juga akan kompatibel dengan Apple CarPlay nirkabel.

Berkat koneksi 5G standar jika tersedia, menginstal aplikasi yang Anda perlukan di layar utama dan menikmati navigasi yang sangat intuitif tidak pernah semudah ini. Anda juga dapat mengalirkan musik favorit Anda melalui sistem audio Bowers & Wilkins baru berkualitas referensi yang menampilkan Dolby Atmos sebagai yang pertama dari Volvo, ditambah speaker yang terintegrasi sandaran kepala untuk suara yang imersif.

Volvo EX90 juga akan hadir dengan teknologi kunci telepon sebagai standar. Ponsel cerdas berfungsi sebagai kunci mobil dan secara otomatis membuka kunci mobil dan memulai urutan penyambutan pribadi saat Anda mendekat. Profil pribadi juga akan dimuat secara otomatis saat Anda memasuki mobil. 

Semua teknologi ini hadir dalam salah satu interior mobil yang paling menyenangkan dan elegan di pasaran, penuh dengan bahan alami dan sumber yang bertanggung jawab. Komposisi interior tersebut juga mencerminkan ambisi keberlanjutan, seperti menjadi perusahaan yang sepenuhnya sirkular dan netral iklim pada 2040.


Sekali isi daya mampu menempuh jarak 600 km - Volvo Cars


Gaya Hidup Berkelanjutan

Dengan basis teknologi listrik baru yang dikembangkan secara internal, Volvo EX90 adalah teman sempurna untuk gaya hidup keluarga yang lebih berkelanjutan. Memberikan hingga 600 kilometer jarak mengemudi bebas emisi pipa knalpot dengan sekali pengisian daya, menurut siklus uji WLTP, pengisian daya dari 10 hingga 80 persen dalam waktu sekitar 30 menit.

Versi all-wheel drive twin-motor yang awalnya tersedia ditenagai oleh baterai 111kWh dan dua motor listrik magnet permanen bersama-sama menghasilkan versi kinerjanya 380 kW (517 hp) dan torsi 910 Nm. Dikombinasikan dengan sasis baru, ini menciptakan pengalaman berkendara yang luar biasa dan mulus.

Volvo EX90 mengandung sekitar 15 persen baja daur ulang, 25 persen aluminium daur ulang serta 48 kilogram plastik daur ulang dan bahan berbasis bio, yang setara dengan sekitar 15 persen dari total plastik yang digunakan di dalam mobil – tertinggi tingkat mobil Volvo mana pun hingga saat ini.

Terakhir, EX90 adalah mobil pertama Volvo dengan semua perangkat keras yang diperlukan untuk mengaktifkan pengisian daya dua arah. Ini adalah teknologi yang mana aki mobil dapat digunakan sebagai suplai energi ekstra, misalnya untuk memberi daya pada rumah, perangkat listrik lain, atau mobil listrik Volvo lainnya. 

"Kami berencana untuk menyediakan pengisian dua arah di masa mendatang, dimulai dengan pasar tertentu."


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Fatkhul Maskur

Anda harus login untuk mengomentari artikel ini

Total 0 Komentar

Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.