Wacana CBAM Australia Hantui Produsen Semen

Pelaku usaha semen mengaku khawatir dengan kinerja ekspornya mengikuti wacana kebijakan tarif bea masuk untuk barang tinggi emisi yang akan segera diterapkan oleh Australia.

Afiffah Rahmah Nurdifa

4 Jun 2024 - 15.53
A-
A+
Wacana CBAM Australia Hantui Produsen Semen

Bisnis, JAKARTA - Pelaku usaha semen mengaku khawatir dengan kinerja ekspornya mengikuti wacana kebijakan tarif bea masuk untuk barang tinggi emisi yang akan segera diterapkan oleh Australia. 

Kebijakan carbon border adjusment (CBAM) pertama kali diterapkan Uni Eropa yang berlaku pada 2026 dan fokus pada 6 komoditas yakni semen, besi dan baja, aluminium, pupuk, hidrogen dan listrik sebagai salah satu langkah dekarbonisasi Eropa.

Ketua Umum Asosiasi Semen Indonesia (ASI) Lilik Unggul Raharjo mengatakan pelaksanaan CBAM akan diberlakukan kepada importir melalui sistem sertifikasi. Kebijakan ini memicu peningkatan ongkos jika produk ekspor ke Eropa tak sesuai standar emisi di benua tersebut.

"Saat ini memang tidak ada ekspor ke Eropa dari pabrik semen kita, tetapi ketika ini diberlakukan Eropa biasanya nanti negara-negara lain seperti Australia dan lainnya akan juga menerapkan dan itu yang jadi concern kita," ujar Lilik, dikutip Selasa (4/6/2024).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Nindya Aldila
Jelajahi peluang bisnis terpercaya dengan berlangganan
Temukan keleluasaan dan keuntungan maksimal dengan pilihan paket berlangganan eksklusif ini
BERLANGGANAN SEKARANG
Tidak Memerlukan Komitmen, Batalkan Kapan Saja
Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.