Wanti-Wanti Saat Prabowo Naikkan Rasio Utang Dekati 50% PDB

Rencana presiden terpilih Prabowo Subianto menaikkan rasio utang terhadap PDB mendekati 50% menuai respons negatif. Rencana penambahan utang ini bakal semakin memberatkan generasi berikutnya terutama saat belanja negara tidak berkualitas.

Maria Elena

16 Jun 2024 - 23.04
A-
A+
Wanti-Wanti Saat Prabowo Naikkan Rasio Utang Dekati 50% PDB

Presiden terpilih Prabowo Subianto didampingi Wakil Presiden terpilih Gibran Rakabuming Raka saat memberikan pidato./Bisnis

Bisnis, JAKARTA – Presiden terpilih Prabowo Subianto dikabarkan berencana menaikkan rasio utang pemerintah hingga mendekati 50% dari produk domestik bruto (PDB) pada akhir masa jabatannya pada 2029. 

Untuk diketahui, posisi utang pemerintah per akhir April 2024 adalah sebesar Rp8.338,43 triliun atau setara dengan 38,64% dari PDB. Rasio utang pemerintah PDB tersebut juga telah meningkat sebanyak 10 poin persentase selama dua periode pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Sedangkan sebagai gambaran, berdasarkan konsensus internasional yang kemudian diadopsi oleh Undang-Undang Nomor 17 Tahun 2003 tentang Keuangan Negara, batas aman rasio utang terhadap PDB adalah sekitar 60%. Selanjutnya Badan Pusat Statistik mencatat PDB Indonesia pada akhir 2023 mencapai Rp20.892,4 triliun.

Bisnis mengasumsikan Indonesia tumbuh rata-rata 5% per tahun. Dengan perhitungan ini, maka PDB Indonesia pada 2029 diperkirakan sebesar Rp26.664,6 triliun. Artinya pemerintahan Prabowo memiliki ruang mengerek utang hingga Rp13.332,3 triliun dia akhir periodenya nanti.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Rinaldi Azka
Jelajahi peluang bisnis terpercaya dengan berlangganan
Temukan keleluasaan dan keuntungan maksimal dengan pilihan paket berlangganan eksklusif ini
BERLANGGANAN SEKARANG
Tidak Memerlukan Komitmen, Batalkan Kapan Saja
Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.