Wanti-Wanti dan Apresiasi Jokowi Pelaksanaan Mudik Lebaran 2024

Para menteri diminta untuk mengawal arus mudik dan balik Lebaran 2024, dengan memastikan pelayanan terbaik bagi sekitar 193 juta pemudik tahun ini.

Akbar Evandio & Yanita Petriella

8 Apr 2024 - 16.07
A-
A+
Wanti-Wanti dan Apresiasi Jokowi Pelaksanaan Mudik Lebaran 2024

Tol Cikampek mudik. /dok Bisnis

Bisnis, JAKARTA – Menjelang hari raya Idulfitri, gelombang pemudik tetap ramai. PT Jasa Marga (Persero) mencatat sebanyak 1.039.018 kendaraan meninggalkan wilayah Jabotabek pada H-7 sampai dengan H-3 Lebaran atau pada 3-7 April 2024.

Jumlah tersebut merupakan angka kumulatif arus lalu lintas dari empat gerbang tol utama: GT Cikupa (arah Merak), GT Ciawi (arah Puncak), GT Cikampek Utama (arah Trans Jawa), dan GT Kalihurip Utama (arah Bandung).

Total kendaraan yang meninggalkan wilayah Jabotabek ini meningkat 51,77% dibandingkan waktu normal, yang tercatat 684.610 kendaraan. Jika dibandingkan dengan periode Lebaran 2023, maka total volume lalu lintas tahun ini meningkat 6,70 dibandingkan 973.804 kendaraan.
Distribusi lalu lintas yang meninggalkan Jabotabek menuju ke tiga arah, yaitu sebanyak 605.689 kendaraan menuju arah Timur Trans Jawa dan Bandung, 264.905 kendaraan menuju arah Barat Merak, dan 168.424 kendaraan menuju arah selatan Puncak.

Sementara itu, PT Hutama Karya (Persero) mencatat volume lalu lintas di Jalan Tol Trans-Sumatera (JTTS) pada puncak arus mudik Lebaran atau 6-8 April 2024 meningkat hingga 50% dari kondisi normal, menjadi 317.121 kendaraan yang melintas. Peningkatan ini mencerminkan terjadinya mobilitas dan kegiatan perjalanan yang tinggi selama arus mudik Lebaran di JTTS. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Yanita Petriella
Jelajahi peluang bisnis terpercaya dengan berlangganan
Temukan keleluasaan dan keuntungan maksimal dengan pilihan paket berlangganan eksklusif ini
BERLANGGANAN SEKARANG
Tidak Memerlukan Komitmen, Batalkan Kapan Saja
Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.