Wanti-wanti OJK agar Restrukturisasi Kredit Tak Disalahgunakan

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) kembali memperpanjang relaksasi kredit restrukturisasi guna mendukung segmen, sektor, industri dan daerah tertentu hingga 31 Maret 2024 mendatang. Namun, ada kekhawatiran relaksasi ini bakal disalahgunakan.

Emanuel Berkah Caesario

29 Nov 2022 - 17.37
A-
A+
Wanti-wanti OJK agar Restrukturisasi Kredit Tak Disalahgunakan

Ilustrasi restrukturisasi kredit. Sumber: Canva

Bisnis, JAKARTA — Otoritas Jasa Keuangan (OJK) memperingatkan industri perbankan agar tetap berhati-hati meskipun kebijakan relaksasi restrukturisasi kredit bagi debitur terdampak pandemi Covid-19 kembali diperpanjang.

OJK akhirnya memilih mengambil jalan tengah dalam kebijakan relaksasi restrukturisasi kredit. Di satu sisi, kebijakan ini sudah berlangsung cukup lama sejak awal pandemi dan sejatinya tidak sehat bagi iklim usaha industri jasa keuangan.

Namun, di sisi lain, kondisi ekonomi pun belum sepenuhnya pulih. Dampak pandemi belum benar-benar reda, tetapi perekonomian sudah kembali dihantam badai baru lonjakan inflasi dan krisis rantai pasok. Total outstanding restrukturisasi kredit debitur korban Covid-19 pun masih tergolong tinggi, meski sudah turun signifikan.

Meyikapi kondisi ini, OJK memutuskan untuk memperpanjang kebijakan tersebut, tetapi kali ini dibatasi hanya untuk sektor tertentu. Kebijakan relaksasi ini semula diagendakan akan berakhir pada 31 Maret 2023, tetapi kini diperpanjang setahun hingga 31 Maret 2024 secara bersyarat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Emanuel Berkah Caesario
Jelajahi peluang bisnis terpercaya dengan berlangganan
Temukan keleluasaan dan keuntungan maksimal dengan pilihan paket berlangganan eksklusif ini
BERLANGGANAN SEKARANG
Tidak Memerlukan Komitmen, Batalkan Kapan Saja
Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.