Wanti-wanti Pengusaha Soal Modus PHK Demi Hindari Pencairan THR

Kemenaker dan serikat buruh meminta pengusaha tidak melakukan PHK terhadap karyawan kontrak untuk menghindari pembayaran THR kepada pekerja/buruh. Sementara itu kalangan pengusaha akan berkonsultasi dengan pemerintah bila menemukan perusahaan yang tak mampu menjalankan kewajibannya.

Rayful Mudassir

29 Mar 2023 - 16.41
A-
A+
Wanti-wanti Pengusaha Soal Modus PHK Demi Hindari Pencairan THR

Karyawati menunjukkan mata uang rupiah dan dolar AS di salah satu kantor cabang PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk. di Jakarta, Selasa (5/1/2021). Bisnis/Arief Hermawan P

Bisnis, JAKARTA - Pemerintah mewanti-wanti adanya modus oknum pengusaha menghindari pembayaran tunjangan hari raya (THR) dengan upaya pemutusan hubungan kerja alias PHK kepada pekerja. 

Dalam aturannya, pembayaran tunjangan Lebaran diberikan kepada pekerja ataupun buruh yang telah bekerja secara terus menerus sekurang-kurangnya 1 bulan dengan besaran proporsional dan minimal 12 bulan senilai 1 bulan upah.

Kementerian Ketenagakerjaan juga menegaskan bahwa pembayaran THR tidak boleh dicicil dan wajib dibayarkan kepada pekerja paling lambat H-7 Lebaran.

Baca juga: Anggaran THR 2023 Melonjak, Pertumbuhan Diharapkan Terdongkrak

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Rayful Mudassir
company-logo

Lanjutkan Membaca

Wanti-wanti Pengusaha Soal Modus PHK Demi Hindari Pencairan THR

Dengan paket langganan dibawah ini :

Tidak memerlukan komitmen. Batalkan kapan saja.

Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.

Copyright © Bisnis Indonesia Butuh Bantuan ?FAQ
Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.