Warga Paling Utara Indonesia dan Sekitarnya Ketambahan Penerbangan Perintis

Masyarakat Gorontalo, Palu, dan Sulawesi Utara, terutama di daerah terdepan, terluar, tertinggal, dan perbatasan dapat menikmati penerbangan perintis baru.

Anitana Widya Puspa

19 Feb 2024 - 14.23
A-
A+
Warga Paling Utara Indonesia dan Sekitarnya Ketambahan Penerbangan Perintis

Bandara Djalaluddin Gorontalo. /Dok. Istimewa

Bisnis, JAKARTA — Penerbangan perintis sebanyak 9 rute di Sulawesi Utara telah resmi beroperasi, melalui Program Angkutan Udara Perintis Tahun Anggaran 2024 oleh Kementerian Perhubungan (Kemenhub) melalui BLU Kantor Unit Penyelenggara Bandar Udara (UPBU) Kelas I Djalaludin di Gorontalo.

Kepala UPBU Gorontalo Joko Harjani menjelaskan badan usaha angkutan udara (BUAU) yang beroperasi melayani rute penerbangan perintis tersebut adalah Maskapai SAMS Air, menggunakan tipe pesawat DHC-6 Twin Otter dengan kapasitas maksimal 17 penumpang. 

Menurut Joko, masyarakat Gorontalo, Palu dan Sulawesi Utara terutama yang berada di daerah terdepan, terluar, tertinggal, dan perbatasan (3TP) dapat memanfaatkan penerbangan perintis tersebut, karena akses transportasi ke Manado biasanya hanya melalui kapal laut. 

Baca juga: Target Pelindo Percepat Pengembangan Kawasan Kuala Tanjung

"Alhamdullilah, program angkutan udara perintis Korwil Gorontalo tahun 2024 dapat terlaksana pada hari ini,” ujar Joko melalui keterangan resmi, Minggu (18/2/2024).

Terpisah, Kepala Otoritas Bandar Udara Wilayah VIII Manado Ambar Suyoko berharap angkutan udara perintis ini dapat meningkatkan konektivitas antara Gorontalo dengan Sulawesi Tengah dan Sulawesi Utara, sehingga mempermudah aktivitas masyarakat dan menunjang pendidikan, perekonomian, kesehatan, dan juga bantuan kemanusiaan. 

 

 

Rute perintis ini, kata dia, sangat ditunggu-tunggu masyarakat. Dia juga berterima kasih karena pemerintah telah mengalokasikan anggaran untuk perintis di Korwil Gorontalo.

Manfaat yang tidak kalah penting terhadap program perintis ini yaitu berperan untuk menurunkan disparitas harga kebutuhan pokok di wilayah 3TP yang dilalui. 

Baca juga: Resmi Beroperasi, 9 Penerbangan Perintis Dibuka di Gorontalo

Lebih lanjut Ambar menuturkan agar para Kepala UPBU yang melayani rute perintis tersebut agar melakukan pengawasan untuk  memastikan aspek keselamatan, keamanan, dan kenyamanan penerbangan terpenuhi. 

Adapun angkutan udara perintis di Koordinator Wilayah (Korwil) Gorontalo ini melayani 9 rute, sebagai berikut:

• Gorontalo - Pahuwato - Palu (PP)

• ⁠Gorontalo - Buol (PP)

• ⁠Gorontalo - Bolmong - Manado (PP)

• ⁠Manado - Siau - Naha - Miangas - Melonguane (PP).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Jaffry Prabu Prakoso

Anda harus login untuk mengomentari artikel ini

Total 0 Komentar

Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.