Warga Serbu Layanan Bank Mandiri Mobile Tukar Uang Lebaran

Bank Mandiri menyiapkan kebutuhan uang tunai sekitar Rp 49,6 triliun untuk mengantisipasi peningkatan kebutuhan uang tunai di masyarakat selama 29 Maret–26 April 2023. Alokasi ini meningkat sekitar 7,9 persen dari periode yang sama pada tahun lalu.

Markus Gabriel Noviarizal Fernandez

17 Apr 2023 - 14.02
A-
A+
Warga Serbu Layanan Bank Mandiri Mobile Tukar Uang Lebaran

Karyawan melayani nasabah saat akan menukarkan uang dipelayanan Bank Mandiri Mobile di Rest Area Km 57, Karawang, Jawa Barat, Senin (17/4/2023). /Bisnis-Abdurachman

Bisnis, JAKARTA – Masyarakat memanfaatkan Bank Mandiri Mobile untuk mengakses layanan penukaran uang jelang Lebaran 2023. Salah satu titik pelayanan Bank Mandiri Mobile terletak di Rest Area Km 57, Cikampek, Karawang, Jawa Barat. 

Elviawan, penanggung jawab Bank Mandiri Mobile mengatakan bahwa layanan di Rest Area Km 57 beroperasi sepanjang 13—17 April 2023. Adapun layanan yang disediakan berupa anjungan tunai mandiri (ATM) termasuk penambahan saldo e-money, penukaran uang dan pengaktifkan Livin’ by Mandiri.

"Kalau untuk penukaran uang, dari Bank Indonesia memberikan ketentuan perhari melayani 300 orang dan setiap orang bisa menukarkan uang maksimal Rp3,8 juta. Jadi, setiap hari ada Rp1,1 miliar transaksi penukaran uang," ujarnya saat ditemui, di Rest Area Km 57, Senin (17/4/2023).


Karyawan melayani nasabah saat akan menukarkan uang dipelayanan Bank Mandiri Mobile di Rest Area Km 57, Karawang, Jawa Barat, Senin (17/4/2023). /Bisnis-Abdurachman 


Dia melanjutkan, pada hari pertama hingga hari terakhir, masyarakat antusias mengakses layanan di Bank Mandiri Mobile. Adapun di lokasi itu diawaki oleh 4 orang yang terdiri dari teller, pengemudi, keamanan serta pramubhakti. 

"Setelah layanan Bank Mandiri Mobile, di tempat ini juga kami akan dirikan posko untuk melayani pemudik," tambahnya.

Hilman, salah seorang pengkses layanan Bank Mandiri Mobile mengatakan bahwa dia mengantre agar bisa melakukan penukaran uang jelang Lebaran 2023. 

"Saya tidak mudik tapi saya manfaatkan layanan Bank Mandiri Mobile supaya bisa menukarkan uang karena ini sudah jadi tradisi kita setiap Lebaran. Saya harap Bank Mandiri terus memberikan layanan semacam ini di tahun-tahun mendatang," tuturnya.

Baca juga: Layani Pemudik, Toyota Siagakan 11 Posko dan Ratusan Bengkel

Adapun Bank Mandiri menyiapkan kebutuhan uang tunai sekitar Rp 49,6 triliun untuk mengantisipasi peningkatan kebutuhan uang tunai di masyarakat selama 29 Maret–26 April 2023. Alokasi ini meningkat sekitar 7,9 persen dari periode yang sama pada tahun lalu. 

Corporate Secretary Bank Mandiri Rudi As Aturridha mengatakan, inisiatif ini sejalan dengan keinginan perseroan untuk memastikan nasabah dapat melakukan berbagai aktivitas rutin di bulan Ramadhan dan Idul Fitri secara nyaman pasca keputusan pemerintah mencabut kebijakan pembatasan kegiatan sosial.

Sebagian besar dari alokasi kebutuhan uang tunai digunakan untuk memenuhi kebutuhan pengisian ATM Bank Mandiri yang diprediksi sekitar Rp16,5 triliun per hari selama periode tersebut. 

“Guna mendukung penyaluran uang tunai ke masyarakat, kami juga telah mengoptimalisasi pengisian 13.068 mesin ATM Bank Mandiri yang terhubung dalam jaringan ATM Link, ATM Bersama, ATM Prima dan Visa/Plus di seluruh Indonesia sejak akhir bulan lalu hingga saat libur Lebaran,” katanya.

Baca juga: Jelajah Lebaran Bisnis Indonesia: Kawal Geliat Ekonomi Mudik

Selain mesin ATM, dia melanjutkan, Bank Mandiri juga mengoptimalkan channel-channel pembayaran online untuk membantu nasabah bertransaksi dengan cepat, antara lain dengan mesin EDC dan aplikasi Livin’ by Mandiri.

“Kami telah melakukan preventive maintenance untuk sekitar 3.300 ATM dan 37.200 EDC yang berlokasi strategis seperti di rest area, bandara, stasiun, terminal, pelabuhan, pusat perbelanjaan, hotel, SPBU dan tempat wisata,” katanya.

Nasabah juga dapat Livin’ by Mandiri yang kini telah mampu memenuhi berbagai kebutuhan seperti cek saldo, pembayaran tagihan bulanan, top up otomatis e-wallet, tarik tunai tanpa kartu, serta pembayaran dengan quick response (QR) payment. Bahkan, nasabah juga dapat melakukan pemesanan tiket kereta dan pesawat pada super app ini. 

“Dengan fitur top up mandiri e-money pada Livin’ by Mandiri, nasabah yang melakukan perjalanan lewat tol akan sangat dimudahkan karena top up dapat dilakukan dimana saja dan kapan saja,” imbuh Rudi.


Petugas Bank Mandiri melayani nasabah mengaktifkan aplikasi Livin’ by Mandiri. /Bisnis-Abdurrachman


Sedangkan bagi pengguna jalan tol yang belum memiliki kartu mandiri e-money, Rudi menjelaskan, pihaknya akan menyiapkan stock kartu hingga 735.000 kartu yang dapat diperoleh di cabang, toko retail, outlet resmi bankmandiri di e-commerce, serta vending machine di lokasi transportasi dan stasiun.

Pihaknya juga akan memastikan kesiapan jaringan IT secara optimal untuk mengantisipasi kenaikan transaksi yang dilakukan nasabah pada seluruh channel pembayaran elektronik, dengan membentuk tim monitoring IT yang selalu siaga.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Jaffry Prabu Prakoso

Anda harus login untuk mengomentari artikel ini

Total 0 Komentar

Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.