Warna-warni Kinerja Bank Digital di Tengah Bunga Acuan Tinggi

Sejumlah bank digital yang telah melaporkan capaian kinerja mereka pada periode 9 bulan 2023 mencatatkan hasil yang berbeda. Ada yang tumbuh, tetapi ada pula yang masih tertekan.

Arlina Laras

30 Okt 2023 - 15.41
A-
A+
Warna-warni Kinerja Bank Digital di Tengah Bunga Acuan Tinggi

Ilustrasi perbankan digital. Sumber: Canva

Bisnis, JAKARTA — Suku bunga yang kian melambung menjadi salah satu tantangan utama yang harus dihadapi oleh kalangan bank digital tahun ini. Dalam mengatasi tantangan ini, bank-bank digital melaporkan capaian kinerja yang beragam.

Senior Vice President Lembaga Pengembangan Perbankan Indonesia (LPPI), Trioksa Siahaan, memproyeksikan kinerja bank digital bakal terjadi perlambatan hingga akhir tahun.

“Perlambatannya terjadi dari sisi ekspansi kredit dan pertumbuhan laba. [Bank harus] melakukan efisiensi sehingga dapat meminimalisasi kenaikan biaya operasional. Tren kenaikan bunga kemungkinan akan tetap berlanjut sampai kuartal I/2024,” ujarnya pada Bisnis, Sabtu (28/10/2023).

Meski begitu, Peneliti Lembaga ESED dan Praktisi Perbankan BUMN, Chandra Bagus Sulistyo, meyakini bank digital dapat terus meningkatkan kinerja meski di tengah kenaikan suku bunga 6%

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Emanuel Berkah Caesario
Jelajahi peluang bisnis terpercaya dengan berlangganan
Temukan keleluasaan dan keuntungan maksimal dengan pilihan paket berlangganan eksklusif ini
BERLANGGANAN SEKARANG
Tidak Memerlukan Komitmen, Batalkan Kapan Saja
Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.