Waspada Euforia Di Balik Surplus Neraca Dagang RI

Indonesia mencatatkan kinerja positif seiring dengan surplus neraca dagang RI pada September. Dibalik kinerja itu, komoditas ekspor juga makin melemah terhadap US$.

Rayful Mudassir

18 Okt 2022 - 00.30
A-
A+
Waspada Euforia Di Balik Surplus Neraca Dagang RI

Bisnis, JAKARTA - Neraca perdagangan RI kembali mencapai surplus pada September 2022. Ini merupakan catatan positif beruntun selama 29 bulan terakhir. Di balik euforia ini, ekspor Indonesia malah melorot.

Badan Pusat Statistik (BPS) melaporkan neraca perdagangan Indonesia pada September 2022 mengalami surplus US$4,99 miliar. Catatan ini lebih rendah dari surplus bulanan pada Agustus 2022, sebesar US$5,76 miliar. 

Pun begitu, laporan terbaru menunjukkan kinerja positif bagi perdagangan RI. Sebab, realisasi tersebut merupakan surplus neraca dagang beruntun dalam 29 bulan terakhir. 

Baca Juga: Surplus Perdagangan September 2022 Lampaui Capaian Tahun Lalu

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Rayful Mudassir
company-logo

Lanjutkan Membaca

Waspada Euforia Di Balik Surplus Neraca Dagang RI

Dengan paket langganan dibawah ini :

Tidak memerlukan komitmen. Batalkan kapan saja.

Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.

Copyright © Bisnis Indonesia Butuh Bantuan ?FAQ
Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.