Waspada Inflasi Bengkak Jelang Ramadan

Pemerintah harus mulai bersiap menyambut kenaikan harga barang jelang Ramadan. Pasalnya, sejumlah indikator harga pangan dan komoditas mulai merangkak. Survei penjualan eceran Januari 2023 yang dirilis oleh Bank Indonesia menunjukkan responden memperkirakan tekanan inflasi pada Maret 2023.

Nindya Aldila

9 Feb 2023 - 20.45
A-
A+
Waspada Inflasi Bengkak Jelang Ramadan

Pedagang beraktivitas di salah satu pasar tradisional di Jakarta, Selasa (25/10). Bank Indonesia (BI) dalam Survei Pemantauan Harga (SPH) memperkirakan tingkat inflasi hingga minggu ketiga Oktober 2022 mencapai 0,05% secara bulanan (month-to-month/mtm). JIBI/Bisnis/Abdurachman

Bisnis, JAKARTA - Pemerintah harus mulai bersiap menyambut kenaikan harga barang jelang Ramadan. Pasalnya, sejumlah indikator harga pangan dan komoditas mulai merangkak.

Dalam survei penjualan eceran Januari 2023 yang dirilis oleh Bank Indonesia pada Kamis (9/2/2023), responden memperkirakan tekanan inflasi pada Maret 2023 akan meningkat dan berangsur turun pada Juni mendatang. 

Indeks Ekspektasi Harga Umum (IEH) Maret 2023 tercatat 139,1 atau meningkat dibandingkan Februari sebesar 134,6. "Ini didorong oleh kenaikan harga selama bulan Ramadan 1444 H. Adapun IEH Juni 2023 tercatat 138,3 atau turun dibandingkan dengan Mei yang sebesar 140,2,"  ujar Kepala Departemen Komunikasi BI Erwin Haryono dalam keterangan resmi. 

Sementara itu, Indeks Harga Perdagangan Besar (IHPB), indikator harga barang dari sisi produsen, sudah naik menjadi 114,53 pada Januari 2023, naik 5,59 persen dari Januari 2022. Sementara itu, rata-rata periode sebelumnya hanya di kisaran 112-113.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Nindya Aldila
company-logo

Lanjutkan Membaca

Waspada Inflasi Bengkak Jelang Ramadan

Dengan paket langganan dibawah ini :

Tidak memerlukan komitmen. Batalkan kapan saja.

Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.

Copyright © Bisnis Indonesia Butuh Bantuan ?FAQ
Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.