Waspada Lesatan Indeks Konsumen

Meski secara bulanan masih mencatatkan deflasi, namun jika melihat angka inflasi inti yang terus mendaki maka asumsi pelemahan daya beli pada bulan lalu bisa terbantahkan.

Tegar Arief Fadly

4 Jun 2024 - 14.32
A-
A+
Waspada Lesatan Indeks Konsumen

Pedagang memilah cabai merah dan cabai rawit di Pasar Induk Kramat Jati, Jakarta, Senin (5/2/2024). Bisnis/Himawan L Nugraha

Bisnis, JAKARTA — Pergerakan inflasi memang terpantau melandai dalam dua bulan terakhir. Namun, bukan berarti Indeks Harga Konsumen berada pada zona aman. Sebab pada saat bersamaan, Indeks Harga Perdagangan Besar terus mencatatkan kenaikan yang bisa memicu lesatan harga di tingkat konsumen.

Kemarin, Senin (3/6/2-24), Badan Pusat Statistik (BPS) mengumumkan inflasi umum hanya sebesar 2,84% secara tahunan (year-on-year/YoY), lebih rendah dibandingkan dengan Maret maupun April yang eksis di kisaran 3%.

Tentu ini menjadi kabar gembira yang layak diapresiasi oleh publik. Terlebih, inflasi inti juga mencatatkan kenaikan yakni dari 1,82% YoY pada April 2024 menjadi 1,93% YoY pada Mei 2024.

Naiknya inflasi inti dan turunnya inflasi umum mengindikasikan dua hal penting. Pertama, keberhasilan pemerintah menjaga stabilitas harga terutama komoditas pangan yang sempat menanjak sejak pengujung tahun lalu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Rinaldi Azka
Jelajahi peluang bisnis terpercaya dengan berlangganan
Temukan keleluasaan dan keuntungan maksimal dengan pilihan paket berlangganan eksklusif ini
BERLANGGANAN SEKARANG
Tidak Memerlukan Komitmen, Batalkan Kapan Saja
Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.