Waspada Macetnya Mesin Pertumbuhan

Sektor manufaktur mulai menunjukkan pertumbuhan terhadap porsinya sebagai mesin utama perekonomian Indonesia. Bukannya tanpa kendala, tren ini masih rawan mengalami kemacetan.

Tegar Arief Fadly

7 Mei 2024 - 10.24
A-
A+
Waspada Macetnya Mesin Pertumbuhan

Ilustrasi manufaktur pabrik mobil./Istimewa

Bisnis, JAKARTA — Sepintas lalu, data produk domestik bruto terkini sedikit bisa membuka senyum pemangku kebijakan, terutama dalam kaitan lapangan usaha pemacu ekonomi. Maklum, porsi manufaktur tercatat meningkat. Akan tetapi jika dicermati dengan teliti dan dikaitkan dengan dinamika terkini, tak ada alasan untuk menampik fakta miris industri nasional.

Mengacu pada data Badan Pusat Statistik (BPS) yang dirilis kemarin, Senin (6/5/2024), porsi industri pengolahan atau manufaktur terhadap produk domestik bruto (PDB) terpantau meningkat dalam dua kuartal terakhir.

Kuartal IV/2023 manufaktur berkontribusi sebesar 19,08% terhadap PDB, sedangkan pada kuartal I/2024 naik tipis menjadi 19,28%. Tentu ini kabar yang menggembirakan di tengah kesibukan pemerintah menepis fakta deindustrialisasi.

Akan tetapi, ada dua catatan penting yang perlu diingat. Pertama, kenaikan itu masih sangat jauh dari syarat sebuah negara dikatakan sebagai negara industri.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Rinaldi Azka
Jelajahi peluang bisnis terpercaya dengan berlangganan
Temukan keleluasaan dan keuntungan maksimal dengan pilihan paket berlangganan eksklusif ini
BERLANGGANAN SEKARANG
Tidak Memerlukan Komitmen, Batalkan Kapan Saja
Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.