Waspada, RI Kekurangan 2,8 Juta Ton Beras Jelang Ramadan

Indonesia disebut mengalami kekurangan pasokan beras hingga jutaan ton pada Januari - Februari 2024. Pada saat yang sama, kebutuhan bahan pokok akan mengalami peningkatan seiring dengan mayoritas penduduk menjalani puasa Ramadan mulai Maret mendatang.

Rayful Mudassir & Dwi Rachmawati

11 Feb 2024 - 19.43
A-
A+
Waspada, RI Kekurangan 2,8 Juta Ton Beras Jelang Ramadan

Beras Stabilisasi Pasokan dan Harga Pangan (SPHP) Bulog. Ni Luh Anggela

Bisnis, JAKARTA - Indonesia disebut mengalami kekurangan pasokan beras hingga jutaan ton pada Januari - Februari 2024. Pada saat yang sama, kebutuhan bahan pokok akan mengalami peningkatan seiring dengan mayoritas penduduk menjalani puasa Ramadan mulai Maret mendatang.

Di saat sebagian besar petani daerah sedang menjalani masa tanam, pemerintah mengumumkan kekurangan pasokan beras hingga 2,8 juta ton.

Kepala Badan Pangan Nasional (Bapanas) Arief Prasetyo menyebutkan bahwa diperlukan pasokan beras yang cukup agar neraca ketersediaan dan kebutuhan beras tetap terjaga di tengah kekurangan akibat fenomena El Nino. 

Sejauh ini, pemerintah terus berupaya menyeimbangkan ketersediaan beras nasional dengan Nilai Tukar Petani (NTP) tanaman pangan. Salah satunya melalui upaya impor terutama beras. kebijakan tersebut dinilai sebagai pilihan terakhir agar ketersediaan beras tetap terjaga. Negara juga mempercepat impor beras 600.000 jelang Ramadan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Rinaldi Azka
Jelajahi peluang bisnis terpercaya dengan berlangganan
Temukan keleluasaan dan keuntungan maksimal dengan pilihan paket berlangganan eksklusif ini
BERLANGGANAN SEKARANG
Tidak Memerlukan Komitmen, Batalkan Kapan Saja
Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.