Waspadai Pelemahan Pasar Surat Utang

Risiko di pasar surat utang makin meningkat dengan yield SUN 10 tahun yang kembali menembus level 7 persen. Pelemahan lanjutan masih sangat terbuka, sehingga investor perlu lebih berhati-hati dalam strategi investasinya.

Emanuel Berkah Caesario

9 Mar 2023 - 17.20
A-
A+
Waspadai Pelemahan Pasar Surat Utang

Ilustrasi tekanan di pasar surat utang. Sumber: Canva

Bisnis, JAKARTA — Yield Surat Utang Negara (SUN) Pemerintah Indonesia tenor 10 tahun kembali ke level 7 persen, melemah dari sebelumnya di kisaran 6,7 persen, seiring dengan meningkatnya kekhawatiran terhadap berlanjutnya kebijakan pengetatan moneter the Fed.

Perkembangan ini menjadikan kinerja instrumen ini kembali berisiko mengalami tekanan kinerja lanjutan. Sejalan dengan itu, instrumen-instrumen turunannya seperti reksa dana pendapatan tetap pun bakal ikut melemah.

Seperti diketahui, naiknya yield SUN sama artinya dengan penurunan harga jualnya di pasar, sebab yield dan harga surat utang berkorelasi negatif. Itu berarti, investor di pasar SUN berpotensi mengalami penurunan kinerja return investasinya di instrumen ini.

Yield SUN 10 tahun yang kerap menjadi acuan bagi pasar surat utang Indonesia sejatinya sudah mengalami penurunan setelah menyentuh puncak di kisaran 7,6 persen pada Oktober 2022 lalu. Di akhir Januari 2023 lalu, yield ini sudah menguat hingga ke level 6,7 persen.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Emanuel Berkah Caesario
company-logo

Lanjutkan Membaca

Waspadai Pelemahan Pasar Surat Utang

Dengan paket langganan dibawah ini :

Tidak memerlukan komitmen. Batalkan kapan saja.

Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.

Copyright © Bisnis Indonesia Butuh Bantuan ?FAQ
Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.