Waswas Bisnis Properti Alami Perlambatan Selama Tahun Pemilu

Pasar real estat cenderung melambat menjelang pemilu biasanya dimulai sekitar sepuluh bulan sebelum pemilu. Perlambatan ini ditandai dengan penurunan transaksi, khususnya pada sektor properti komersial.

Yanita Petriella

27 Nov 2023 - 18.54
A-
A+
Waswas Bisnis Properti Alami Perlambatan Selama Tahun Pemilu

Ilustrasi bisnis properti

Bisnis, JAKARTA – Tahun depan, Indonesia kembali menghelat pesta demokrasi lima tahunan. Mendekati pemilu selalu menimbulkan suasana ketidakpastian terutama dengan maraknya pemberitaan yang sarat dengan perdebatan antar partai politik, rencana kebijakan ke depan, dan janji-janji calon presiden. Kekhawatiran terhadap ketidakpastian menjelang pemilu juga berdampak pada pasar properti. 

Senior Associate Director Research Colliers Indonesia Ferry Salanto berpendapat Indonesia telah menjalani beberapa periode pemilu dengan situasi yang beragam tetapi semuanya diakhiri dengan relatif kondisi stabil. Namun, sentimen mengenai situasi pemilu tidak bisa diabaikan.

Siklus ini dapat diamati pada siklus sebelumnya pemilu seperti pemilu tahun 2009 dimana investasi properti hanya tumbuh sebesar 3,3% dibandingkan sebelumnya 10,0%. Pada pemilu 2014, investasi hanya tumbuh sedikit menjadi 4,6% dari tahun sebelumnya yang sebesar. 4,4%. Pada pemilu 2019, investasi bertumbuh sebesar 4,5% dari tahun 2018 yang mengalami kenaikan 7.0%. 

“Meskipun ada potensi tantangan, pemerintah Indonesia tetap bertahan optimistis investasi akan tetap bertahan pada tahun politik 2024,” ujarnya dalam laporan, Senin (27/11/2023). 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Asteria Desi Kartikasari
Jelajahi peluang bisnis terpercaya dengan berlangganan
Temukan keleluasaan dan keuntungan maksimal dengan pilihan paket berlangganan eksklusif ini
BERLANGGANAN SEKARANG
Tidak Memerlukan Komitmen, Batalkan Kapan Saja
Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.