Was-Was Industri Asuransi Saat Klaim Bengkak, Masih Batas Wajar?

Klaim asuransi kesehatan terus menunjukkan pembengkakan. Kondisi tersebut cukup menjadi kewaspadaan industri asuransi jiwa. Namun, apakah kenaikan klaim kesehatan saat ini masih dalam batas wajar?

Rika Anggraeni

7 Des 2023 - 20.54
A-
A+
Was-Was Industri Asuransi Saat Klaim Bengkak, Masih Batas Wajar?

Petugas beraktivitas di dekat logo-logo asuransi di kantor Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI), Jakarta, Selasa (23/8/2022). Bisnis/Fanny Kusumawardhani

Bisnis, JAKARTA—Lonjakan klaim asuransi kesehatan dan asuransi jiwa cukup menjadi kekhawatiran industri. Pasalnya, klaim rasio kesehatan sudah menembus angka 122% pada periode kuartal III/2023.

Berdasarkan data Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI), klaim asuransi kesehatan terus menunjukkan pembengkakan dengan nominal mencapai Rp15,24 triliun pada sembilan bulan pertama 2023. Klaim itu melonjak 32,9% yoy dari sebelumnya hanya Rp11,47 triliun.

Pembengkakan klaim asuransi kesehatan ini berbanding terbalik pada total klaim dan manfaat industri asuransi jiwa yang turun 4,4% yoy dari Rp128,09 triliun pada kuartal III/2022 menjadi Rp122,46 triliun pada periode yang sama tahun ini.

Sama seperti kuartal sebelumnya, lonjakan klaim asuransi kesehatan sepanjang sembilan bulan pertama 2023 ini masih dipicu peningkatan klaim Infeksi Saluran Pernapasan Akut (ISPA). Bahkan, asosiasi menyebut nilai klaim kesehatan lebih tinggi daripada klaim meninggal dunia yang mencapai Rp8,04 triliun, turun 9,7% yoy.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Asteria Desi Kartikasari
company-logo

Lanjutkan Membaca

Was-Was Industri Asuransi Saat Klaim Bengkak, Masih Batas Wajar?

Dengan paket langganan dibawah ini :

Tidak memerlukan komitmen. Batalkan kapan saja.

Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.

Copyright © Bisnis Indonesia Butuh Bantuan ?FAQ
Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.