WIKA Raih Restu Perpanjangan Pelunasan Utang Obligasi & Sukuk

PT Wijaya Karya (Persero) Tbk. (WIKA) mendapatkan restu untuk memperpanjang tanggal pelunasan pokok utang obligasi dan sukuk.

Dionisio Damara

17 Feb 2024 - 17.05
A-
A+
WIKA Raih Restu Perpanjangan Pelunasan Utang Obligasi & Sukuk

Bisnis, JAKARTA — Emiten BUMN konstruksi, PT Wijaya Karya (Persero) Tbk. (WIKA) mendapatkan restu untuk memperpanjang tanggal pelunasan pokok utang obligasi dan sukuk.

Sekretaris Perusahaan WIKA, Mahendra Vijaya, mengatakan bahwa pemegang obligasi dan sukuk menyepakati perpanjangan tanggal pelunasan pokok Penawaran Umum Berkelanjutan (PUB) I Tahap II Tahun 2021 dan Sukuk Mudharabah PUB I Tahap II Tahun 2021 untuk Seri A.

Adapun kesepakatan tersebut diraih melalui Rapat Umum Pemegang Obligasi (RUPO) dan Rapat Umum Pemegang Sukuk (RUPSU) yang digelar di Jakarta kemarin, Jumat (16/2/2024).

“Dukungan pemegang obligasi dan sukuk menunjukkan kepercayaan diri dari para pemegang surat berharga yang memberikan dampak positif pada progres upaya penguatan fundamental WIKA,” ujar Mahendra dalam keterangan resmi, dikutip Sabtu (17/2/2024).

Dia menambahkan bahwa restu para pemegang obligasi dan sukuk menyusul dukung dari perbankan melalui Master Restructuring Agreement (MRA) dan persetujuan restrukturisasi perseroan oleh pemegang saham melalui RUPSLB.

“Sejalan dengan kesepakatan tersebut, WIKA konsisten menunjukkan komitmennya dengan tetap membayarkan bunga jatuh tempo obligasi dan sukuk PUB II Tahap II Tahun 2021 pada 18 Februari 2024 sebesar Rp46,5 miliar,” pungkasnya.


Menurutnya, perseroan optimistis dukungan tersebut merupakan bagian dari langkah bersama semua pihak dalam memperkuat WIKA untuk menjalankan bisnis berkelanjutan, serta memberikan dampak positif kepada stakeholder dan manfaat kepada pemerintah.

Dalam perkembangan sebelumnya, WIKA bersama 11 lembaga keuangan telah menyepakati restrukturisasi yang tertuang dalam MRA dengan nilai outstanding sebesar Rp20,58 triliun.

Baca Juga:

Saham-saham Yang Terpantik Kemenangan Prabowo-Gibran

Arah Investasi Bila Jokowinomic Berlanjut 5 Tahun Lagi

Rekomendasi Saham Pilihan di Pekan Pilpres 2024

Membaca Fengsui Pasar Saham di Tahun Naga Kayu

Membaca Arah Gerak IHSG di Bulan Pemilu

Adapun, 11 lembaga keuangan yang menyepakati restrukturisasi WIKA adalah PT Bank Mandiri (Persero) Tbk. (BMRI), PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk. (BBNI), PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. (BBRI), dan PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk. (BBTN).

Selanjutnya ada PT Bank Syariah Indonesia Tbk. (BRIS), PT Bank HSBC Indonesia, PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Barat dan Banten Tbk. (BJBR), PT Bank ICBC Indonesia, PT Bank DKI, PT Bank Pan Indonesia Tbk. (PNBN), dan Lembaga Pembiayaan Ekspor Indonesia.

Di sisi lain, WIKA juga terus memperkuat tata kelola perusahaan.

Direktur Utama WIKA, Agung Budi Waskito, menyampaikan bahwa penguatan tata kelola perusahaan diyakini oleh jajaran manajemen sebagai hal fundamental dalam menjamin proses bisnis secara berkelanjutan.

“Dengan penguatan tata kelola, kami terus mengupayakan kepercayaan dari stakeholder, sehingga langkah transformasi WIKA ke depan akan terus didukung dan berjalan dengan baik,” tutur Agung.


Manajemen WIKA melaporkan telah melakukan penguatan tata kelola dalam beberapa tahun terakhir. Pada 2023, misalnya, WIKA memperluas cakupan Penerapan Sistem Manajemen Anti Penyuapan (SMAP) dan melahirkan pedoman larangan benturan kepentingan.

Perseroan juga menyediakan kanal whistle blowing system (WBS) WIKA secara digital yang telah terintegrasi dengan KPK sejak tahun 2021 untuk penanganan pengaduan terkait gratifikasi.

Dalam hal pengadaan barang dan jasa, WIKA menerapkan prosedur sesuai asas transparansi dan akuntabilitas dengan menggunakan sistem pengadaan secara elektronik (e-proc) yang terintegrasi dengan situs web pengadaan.com dalam pemilihan mitra kerja.

Sementara itu, dalam pemilihan mitra kerja UMKM, emiten BUMN Karya ini memanfaatkan platform yang dikembangkan oleh Kementerian BUMN yakni PADI UMKM.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Emanuel Berkah Caesario

Anda harus login untuk mengomentari artikel ini

Total 0 Komentar

Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.