Wilayah Selain Jabodetabek yang Bakal Matikan Siaran TV Analog

Selain Jabodetabek, Kemenkominfo akan mematikan siaran TV analog di sejumlah daerah. Berikut daftarnya.

Rahmi Yati & Khadijah Shahnaz Fitria

24 Sep 2022 - 19.14
A-
A+
Wilayah Selain Jabodetabek yang Bakal Matikan Siaran TV Analog

Tv analog

JAKARTA – Selain Jabodetabek, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) juga akan mematikan siaran TV analog atau analog switch off/ASO di sejumlah daerah.

Staf Khusus Menteri Komunikasi dan Informatika Rosarita Niken Widiastuti mengatakan bahwa saat ini 90 wilayah layanan sudah disiapkan infrastruktur multipleksing, sehingga masyarakat setempat sudah bisa beralih ke siaran televisi digital.

Menurutnya, Kemenkominfo telah memantau jumlah Lembaga Penyiaran yang sudah melakukan migrasi ke siaran digital atau simulcast, yaitu 566 dari 693 pemegang izin siaran analog.


TV Digital. Reuters


"Selanjutnya untuk 22 wilayah layanan yang belum mendapat siaran digital, saat ini sedang dilakukan pembangunan multipleksing oleh LPP TVRI melalui pembiayaan negara," katanya melalui keterangan pers dikutip Sabtu (24/9/2022).

Dalam waktu dekat, ujar Niken, masyarakat di daerah-daerah tersebut segera akan mendapatkan siaran digital. Setelah itu menyusul ASO di 14 wilayah layanan lainnya.

Sejumlah daerah yang dimaksud antara lain Kalimantan Selatan (Kabupaten Tapin, Kabupaten Hulu Sungai Selatan, Kabupaten Hulu Sungai Tengah, Kabupaten Hulu Sungai Utara, Kabupaten Balangan).

Kemudian Kalimantan Selatan (Kabupaten Tabalong), Kalimantan Utara (Kabupaten Nunukan), Kepulauan Bangka Belitung (Kabupaten Belitung, Kabupaten Belitung Timur), Kepulauan Bangka Belitung (Kabupaten Bangka, Kabupaten Bangka Barat), dan Kalimantan Barat (Kabupaten Sintang).

Selanjutnya, ASO akan dilakukan di Maluku (Kabupaten Maluku Tenggara, Kota Tual), Maluku Utara (Kabupaten Halmahera Selatan, Kota Tidore Kepulauan), dan Papua (Kabupaten Jayawijaya, Kabupaten Yahukimo, Kabupaten Mamberamo Raya, Kabupaten Mamberamo Tengah, Kabupaten Yalimo).


Baca juga: Siap-Siap Beralih, Ini Perbedaan TV Analog dan Digital


Dilanjutkan dengan Sulawesi Tengah (Kabupaten Toli Toli), Sulawesi Tenggara (Kabupaten Muna, Kabupaten Muna Barat, Kabupaten Buton Tengah, Kota Bau Bau), Sulawesi Utara (Kabupaten Bolaang Mongondow, Kabupaten Minahasa Selatan, Kabupaten Minahasa Tenggara, Kabupaten Bolaang Mongondow Timur, Kota Kotamobagu), Sulawesi Utara (Kabupaten Kepulauan Sangihe), dan Sumatra Selatan (Kabupaten Muara Enim, Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir, Kota Prabumulih).

"Kesiapan ASO secara nasional sampai dengan 2 November 2022, yaitu migrasi siaran televisi analog ke digital dilakukan di 112 Wilayah Layanan yang meliputi 341 daerah administratif kabupaten/kota di seluruh Indonesia," imbuhnya.

ASO Tahap II Berubah Pola Penerapan

Sebelumnya, Kemenkominfo menyatakan bahwa ASO yang semula diadakan secara bertahap dalam tiga bagian (30 April 2022, 25 Agustus 2022, dan 2 November 2022), diubah jadi pelaksanaan berdasarkan kesiapan wilayah.

Dalam keterangannya, Kemenkominfo mengatakan penyesuaian jadwal tersebut dilakukan dengan mempertimbangkan hasil evaluasi penerapan ASO di beberapa wilayah sebelumnya.


Baca juga: Fakta ASO Tahap II Batal, Berubah Pola Penerapan


"Kementerian Kominfo menyesuaikan sistem pelaksanaan ASO dalam rangka mengefektifkan kegiatan ASO dan meminimalisir potensi kendala akses siaran masyarakat," demikian tulis Kemenkominfo dalam siaran persnya, Kamis (25/8/2022).

Saat ini, Kemenkominfo tetap menargetkan seluruh siaran TV analog di Indonesia harus sudah bermigrasi sebelum 2 November 2022 sesuai amanat pasal 60A UU No. 32/2002 tentang Penyiaran melalui UU No. 11/2020 tentang Cipta Kerja. Pendekatan ini disebut dengan pendekatan multiple ASO.



Dalam pelaksanaannya, terdapat tiga komponen yang ditinjau oleh Kemenkominfo dalam menentukan tingkat kesiapan teknis suatu wilayah untuk diberlakukan ASO.

Semuanya adalah siaran TV analog di wilayah yang akan dihentikan siarannya, wilayah yang tercakup dengan siaran TV analog sudah siap digantikan dengan siaran TV digital, dan bantuan set top box (STB) untuk rumah tangga miskin di daerah tersebut sudah terdistribusi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Jaffry Prabu Prakoso

Anda harus login untuk mengomentari artikel ini

Total 0 Komentar

Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.