Window Dressing Berpotensi Pacu Kinerja LQ45

Kinerja indeks LQ45 yang sudah berhasil mengungguli IHSG hingga akhir November 2022 diperkirakan masih bisa tumbuh lebih tinggi lagi pada sisa tahun ini, seiring dengan sentimen window dressing yang berpeluang kembali terjadi.

Emanuel Berkah Caesario

30 Nov 2022 - 19.56
A-
A+
Window Dressing Berpotensi Pacu Kinerja LQ45

Karyawati mengamati pergerakan harga saham di kantor PT Mandiri Sekuritas di Jakarta, Rabu (9/11/2022). Bisnis/Arief Hermawan P

Bisnis, JAKARTA — Potensi window dressing yang kerap terjadi di pasar saham menjelang akhir tahun bakal menjadi pendorong bagi kinerja saham-saham yang tergabung dalam indeks emiten paling likuid di pasar saham Indonesia, yakni LQ45.

Meski Indonesia turut terimbas oleh gejolak perekonomian global, hingga kini dinamika di pasar saham masih relatif positif. LQ45 pun masih mencatatkan return yang cukup tinggi, yakni mencapai 8,25 persen year-to-date (YtD) hingga akhir November 2022 ke level 1.008,28.

Kinerja LQ45 ini bahkan mengungguli atau outperform terhadap kinerja seluruh pasar, yang diwakili oleh IHSG. Kenaikan IHSG sejauh ini sudah mencapai 7,59 persen YtD menjadi 7.081,31. Peluang penguatan LQ45 cukup terbuka pada akhir tahun ini, sebab emiten-emiten di indeks ini kerap kali diburu investor.

Head of Investment Information Mirae Asset Sekuritas, Roger M.M., mengatakan bahwa pasar saham masih mendapatkan tekanan global dari adanya kenaikan suku bunga dan juga tingginya inflasi. Namun, peluang bagi emiten-emiten untuk terbang jelang window dressing masih terbuka lebar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Emanuel Berkah Caesario
Jelajahi peluang bisnis terpercaya dengan berlangganan
Temukan keleluasaan dan keuntungan maksimal dengan pilihan paket berlangganan eksklusif ini
BERLANGGANAN SEKARANG
Tidak Memerlukan Komitmen, Batalkan Kapan Saja
Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.